Kompas TV nasional sosok

Profil Surya Tjandra, Wamen ATR/BPN yang Diganti Jokowi di Reshuffle Kabinet Terbaru

Kompas.tv - 15 Juni 2022, 15:48 WIB
profil-surya-tjandra-wamen-atr-bpn-yang-diganti-jokowi-di-reshuffle-kabinet-terbaru
Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Surya Tjandra dalam kunjungannya di Waduk Gajah Mungkur di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Rabu (30/3/2021). Kini Surya Tjandra kena reshuffle (Sumber: Kompas.com/Muhlis Al Alawi))
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo hari ini melakukan reshuffle kepada sejumlah menteri dan wakil menteri dalam Kabinet Indonesia Maju, Rabu (15/6/2022). Jokowi mengganti Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN) Surya Tjandra.

Surya Tjandra yang merupakan politisi dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) digantikan oleh rekan separtainya, Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni.

Surya Tjandra kelahiran Jakarta, 28 Maret 1971 ini merupakan anak dari pedagang ayam potong di Pasar Jatinegara, Jakarta.

Baca Juga: Politisi PSI, Surya Tjandra Ditunjuk Bantu Sofyan Djalil Sebagai Wakil Menteri, Ini Fokus Kerjanya

Melansir laman PSI, Surya disebut dibesarkan dari keluarga tak mampu yang kerap berpindah-pindah rumah karena tinggal di kontrakan. Ia kemudian bertekad masuk sekolah negeri karena biayanya terjangkau di kondisinya yang sulit.

Ia diterima di SMA Negeri 68, Jakarta Pusat dan melanjutkan pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Ia mulai menggeluti bidang hukum dari pendidikannya itu. 

Pendidikannya yang cemerlang mengantarkannya mendapatkan beasiswa program S2 di Universitas Warwick, Inggris. Kemudian ia melanjutkan S3 di Universitas Leiden, Belanda. Usai lulus, Surya memilih bekerja di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta.

Baca Juga: Dikabarkan Jadi Wamen ATR, Raja Juli Antoni: Saya PSI, Orang Muhammadiyah

Karier politik

Surya akhirnya memutuskan untuk bergabung ke PSI pada 2019 silam dan mengikuti pemilu legislatif di daerah Jawa Timur V atau Malang Raya.

Akan tetapi, Surya akhirnya dipilih oleh Presiden Jokowi untuk membantu Sofyan Djalil di Kementerian ATR/BPN sebagai Wamen pada tahun 2019.

Selama menjabat sebagai Wamen ATR/BPN, dikutip dari Kompas.com, Rabu (15/6/2022) hartanya naik kurang lebih Rp 900 juta.

Sebelumnya dalam laporan periodik tahun 2021, harta Surya tercatat sebesar Rp8.908.296.659. Jumlah tersebut naik Rp 908.860.007 selama menjabat sebagai Wamen ATR/BPN.

Baca Juga: Ini Daftar Nama Menteri dan Wamen yang Dicopot Jokowi dalam Reshuffle Kabinet Terbaru

Ketika awal menjabat pada tahun 2019, harta Surya tercatat sebesar Rp 7.999.436.652.

Angka kekayaannya naik menjadi Rp 8.708.251.009 setahun setelahnya, atau pada laporan periodik tahun 2020.



Sumber : Kompas TV/Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x