Kompas TV nasional politik

Zulhas Jadi Menteri Disebut Berpotensi Timbulkan Ketidakharmonisan di Kabinet Indonesia Maju

Kompas.tv - 15 Juni 2022, 15:15 WIB
zulhas-jadi-menteri-disebut-berpotensi-timbulkan-ketidakharmonisan-di-kabinet-indonesia-maju
Presiden Joko Widodo resmi melantik Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menjadi Menteri Perdagangan di Istana Negara, Jakarta pada Rabu (15/6/2022). (Sumber: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden.)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan resmi ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Perdagangan. 

Pria yang karib disapa Zulhas itu menggantikan posisi Muhammad Lutfi. Lutfi menduduki jabatan itu dari 23 Desember 2020.

Baca Juga: Jokowi Resmi Reshuffle Kabinet: Hadi Tjahjanto jadi Menteri ATR, Zulkifli Hasan Duduki Posisi Mendag

Menurut Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno, masuknya kader PAN ke dalam Kabinet Indonesia Maju akan menimbulkan kecemburuan antar-partai Islam di koalisi pemerintah. 

"Cemburu pasti ada, terutama dari partai Islam yang sudah dulu bergabung, tapi kekecewaan itu tak ditunjukkan ke publik," kata Adi kepada Kompas TV, Rabu (15/6/2022). 

Ia menilai, kecemburuan itu berpotensi menciptakan suasana ketidakharmonisan karena partai lain menilai PAN tak berjuang memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019 lalu. 

"Sejauh ini terlihat harmonis. Entah ke depan ketika rivalitas pemilu makin mengeras. Secara manusiawi, pasti partai lain tak happy karena PAN dinilai tak berkeringat atas pemenangan Jokowi," ujarnya. 

Selain itu, kata dia, reshuffle kali ini amat kental nuansa politisnya, ketimbang mengevaluasi kinerja menteri yang dinilai kurang berprestasi. 

"Buktinya sejumlah partai koalisi dapat juga jatah politik di posisi wamen. Misalnya PSI dan PBB," katanya. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melantik Menteri dan Wakil Menteri untuk Kabinet Indonesia Maju Sisa Masa Jabatan Periode Tahun 2022-2024.

Mereka yang dilantik sebagai menteri dalam reshuffle kedua Kabinet Indonesia Maju yakni Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan dan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti mengatakan, pengangkatan Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto dilakukan sesuai Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 64/B Tahun 2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri negara Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Selain Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto, Presiden Jokowi juga menunjuk dan melantik tiga nama dalam posisi sebagai Wakil Menteri untuk Kabinet Indonesia Maju Sisa Masa Jabatan Periode Tahun 2022-2024.

Nanik membacakan, tiga nama yang diangkat sebagai wamen dilakukan berdasarkan keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24/M Tahun 2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan wakil menteri negara Kabinet Indonesia Maju periode tahun 2019-2024.

Baca Juga: Bakal Dilantik Jadi Menteri, Zulkifli Hasan Tiba di Istana Negara

Ketiga nama wamen tersebut yakni John Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri, Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan, dan Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN). 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x