Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Sudah Enam Kali "Reshuffle", Terbanyak di Hari Rabu

Kompas.tv - 15 Juni 2022, 12:29 WIB
jokowi-sudah-enam-kali-reshuffle-terbanyak-di-hari-rabu
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wapres Maruf Amin saat memperkenalkan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). (Sumber: Kompas.com/WAHYU PUTRO A)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo akan melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Maju, Rabu (15/6/2022) siang ini. Kepala Negara disebut akan melakukan penggantian terhadap sejumlah menteri.

Berdasarkan laporan,  Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan akan diangkat menjadi Menteri Perdagangan. Selain itu ada mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto yang diangkat jadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional.

Dalam masa pemerintahan Jokowi, tercatat presiden melakukan perombakan menteri atau menggelar momen penting di hari Rabu Pahing atau Rabu Pon. Pada periode pertama, Jokowi melakukan empat kali reshuffle di hari Rabu pada 2015 silam.

Baca Juga: Zulkifli Hasan Buka Suara Usai Dikabarkan akan Dilantik Jadi Menteri

Perombakan besar-besaran pemerintahan Jokowi dilakukan pada reshuffle kedua pada 27 Juli 2016 silam. Ia mengganti sebanyak 14 posisi menteri.

Meski demikian, pada periode kedua Jokowi menjabat, reshuffle sempat dilakukan bukan pada hari Rabu. Eks Gubernur DKI Jakarta itu memilih Selasa dan melantik enam menteri baru pada reshuffle kelima.

Terlepas dari itu Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengungkapkan perombakan atau reshuffle adalah hak prerogatif presiden. Kepala Negara bebas menentukan kapan jadwal perombakan.

"Jadi yang namanya kabinet itu kewenangan sepenuhnya presiden. Presiden itu mempunyai hak prerogatif presiden mau ganti kapan saja ya terserah presiden," ujar Pramono di kompleks Istana Kepresidenan. 

Baca Juga: Fakta & Mitos Menarik Rabu Pahing Wuku Kuningan, Hari Reshuffle Kabinet Jokowi

"Mau hari ini, mau besok, mau lusa, tetapi kewenangan itu sepenuhnya ada pada presiden," tandasnya.

Riwayat reshuffle pemerintahan Presiden Joko Widodo

Diberitakan Kompas.com, Presiden Joko Widodo telah melakukan sebanyak enam kali reshuffle selama masa pemerintahannya. Pada periode pertama, presiden melakukan empat kali dan periode kedua sebanyak dua kali.



Sumber : Kompas TV/Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x