Kompas TV internasional kompas dunia

Jurnalis Inggris & Pakar Suku Adat Dikabarkan Hilang di Hutan Amazon, Dua Tersangka Ditangkap

Kompas.tv - 15 Juni 2022, 09:24 WIB
jurnalis-inggris-pakar-suku-adat-dikabarkan-hilang-di-hutan-amazon-dua-tersangka-ditangkap
Jurnalis Inggris Dom Phillips (kanan) dan seorang pria adat Yanomami berjalan di desa Maloca Papiu, negara bagian Roraima, Brasil pada November 2019. Phillips dan ahli suku adat Bruno Araujo Pereira telah dilaporkan hilang di wilayah terpencil Amazon pada Senin (6/6/2022). (Sumber: (AP Photo/Joao Laet)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Purwanto

AMAZON, KOMPAS.TV - Polisi Federal Brasil menangkap tersangka kedua atas hilangnya jurnalis Inggris Dom Phillips dan ahli suku adat Bruno Pereira di pedalaman Amazon pada Selasa (14/6/2022). 

Tersangka kedua, Oseney da Costa de Oliveira, 41 tahun, merupakan nelayan sekaligus saudara Amarildo da Costa de Oliveir, tersangka pertama yang dicokok kepolisian setempat. 

Seperti diberitakan Associated Press, polisi mengeluarkan pernyataan bahwa mereka mengamankan senjata dan dayung, tetapi tak menjelaskan secara rinci terkait asal usul barang bukti.

Pihak media telah meminta klarifikasi pada otoritas keamanan setempat, tetapi belum mendapat respons.

Baca Juga: Bentrokan Suku di Darfur Sudan Tewaskan 125 Orang, Pemicunya Sengketa Lahan

Phillips dan Pereira dinyatakan hilang di pedalaman hutan Amazon sejak Minggu (5/6), ketika keduanya terakhir terpantau sedang menaiki kapal di dekat pintu masuk Wilayah Adat Lembah Jawari yang berbatasan dengan Peru dan Kolombia.

Sempat tersiar kabar jasad Phillips dan Pereira ditemukan terikat di pohon. Namun, pihak kepolisian menyangkal kabar itu pada Senin (13/6). Adapun pencarian terus berlanjut hingga saat ini.

Penemuan beberapa barang milik Phillips dan Pereira berupa ransel, laptop, dan sejumlah barang pribadi lainnya, dalam kondisi terendam di sungai pada Minggu (12/6), merupakan progres terbaru dari hasil pencarian.

Berikut berita sebelumnya terkait kasus ini:

Baca Juga: Jurnalis The Guardian & Ahli Suku Adat Hilang di Pedalaman Hutan Amazon

Baca Juga: Jasad Diduga Pakar Masyarakat Adat Brasil dan Jurnalis Inggris Ditemukan di Amazon, Terikat di Pohon

 



Sumber : AP


BERITA LAINNYA



Close Ads x