Kompas TV video vod

Jokowi Jengkel Sama Produk Impor: Bodoh Sekali, Saya Harus Ngomong Apa Adanya

Kompas.tv - 15 Juni 2022, 08:36 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kali ini Presiden Jokowi ngomong blak-blakan mengenai kondisi impor dalam negeri. 

Jokowi menyesalkan kenapa APBN-APBD malah digunakan untuk membeli barang-barang impor. 

“Jangan sampai kita ini memiliki APBN Rp 2.714 triliun, memiliki APBD Rp 1.197 triliun, belinya produk impor seperti tadi yang disampaikan Pak Kepala BPKP, bukan produk dalam negeri. Ini uang rakyat, uang yang dikumpulkan dari pajak, baik PPN, PPH badan, PPH perorangan, PPH karyawan, dari pihak ekspor, dari PNPB, dikumpulkan dengan cara yang tidak mudah, kemudian belanjanya belanja produk impor. Bodoh sekali kita,”tegas Jokowi saat Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2022 di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (14/6/2022).

Baca Juga: Di Tengah Isu Reshuffle, Jokowi Panggil Hadi Tjahjanto ke Istana Negara

Jokowi heran kenapa barang impor yang dibeli merupakan uang yag berasal dari rakyat.

“Maaf, kita ini pintar-pintar, tapi kalau caranya seperti itu, bodoh sekali kita. Saya harus ngomong apa adanya. Ini APBN loh, ini uang APBD loh, belinya produk impor. Nilai tambahnya yang dapat negara lain, lapangan kerja yang dapat orang lain, apa nggak bodoh kita ini,”lanjutnya. 

Jokowi juga mengingat perjalanannya pada 5 tahun lalu terkait pipa ipor yang sebenarnya dalam negeri pun tersedia baik. 

“Saya ke pabrik pipa, 'Semuanya ada Pak, Bapak mau cari apa ada, ukuran apa ada, kualitas apa ada. Ini kita ekspor semuanya Pak, ke Jepang, ke Amerika, ke Eropa. Lho, lho, lho, yang orang sana beli produk pipa kita malah kita beli impor. Sekali lagi, kita ini orang pinter-pinter, tapi melakukan hal yang sangat bodoh sekali,”tegasnya.

Video Editor: Febi
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x