Kompas TV olahraga kompas sport

Daftar 21 Tim yang Sudah Lolos ke Piala Asia 2023, Laga Indonesia vs Nepal Tentukan 3 Tiket Tersisa

Kompas.tv - 14 Juni 2022, 20:38 WIB
daftar-21-tim-yang-sudah-lolos-ke-piala-asia-2023-laga-indonesia-vs-nepal-tentukan-3-tiket-tersisa
Sebanyak 21 negara telah memastikan diri lolos ke Piala Asia 2023. Bisakah Indonesia kembali lolos sejak terakhir kali pentas di ajang ini pada 2007?  (Sumber: PSSI)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPASTV - Sebanyak 21 Timnas sudah memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Matchday terakhir kualifikasi ronde ketiga yang berlangsung pada Selasa (14/6/2022) hingga Rabu (15/6) dini hari tinggal menyisakan 3 tiket yang diperuntukkan bagi juara Grup A dan 2 sisa runner-up terbaik.

Persaingan menuju Piala Asia 2023 berjalan ketat hingga laga pemungkas karena perolehan poin di Grup A dan E terbilang ketat. Setidaknya Timnas Indonesia, Yordania, Kuwait, Bangladesh dan Malaysia memiliki kans yang nyaris sama untuk menyegel tiga tiket yang tersisa itu.

Teraktual, Bahrain jadi peserta terbaru yang lolos selepas menyegel kemenangan 1-0 atas Turkmenistan, membawa negara itu menjadi juara Grup E.

Sementara di sisi lain, Bangladesh dan Malaysia yang sama-sama mengoleksi 3 poin saat ini sedang bertanding memperebutkan pos runner-up Grup E. Laga sudah dimulai sejak pukul 20.00 WIB.

Adapun Yordania akan bermain lawan Kuwait mulai pukul 23.15 WIB, diakhiri Indonesia vs Nepal pada Rabu (15/6) dini hari pukul 02.15 WIB.

Situasi Persaingan Terakhir

Apabila Yordania bisa mengalahkan Kuwait, anak asuh Adnan Hamad otomatis lolos ke Piala Asia 2023 dengan status juara Grup A. Dalam skenario demikian, Indonesia bakal berebut status runner-up terbaik bersama runner-up Grup E (Malaysia/Bahrain) dan Filipina (runner-up Grup B).

Hal itu dikarenakan perolehan poin Garuda sama dengan milik Kuwait, sementara anak asuh Shin Tae Yong unggul dalam head to head pertemuan lawan The Blues, julukan Kuwait.

Oleh sebab itu, jika Yordania menang, Indonesia dipastikan menempati runner-up Grup E dengan hasil apapun melawan Nepal.

Akan tetapi, jika Yordania vs Kuwait berakhir imbang atau Kuwait menang, juara dan runner-up Grup A baru bisa ditentukan selepas berakhirnya duel Indonesia vs Nepal. Dalam situasi ini, head to head ketiga tim sepanjang fase grup sama-sama saling mengalahkan.

Oleh sebab itu, selisih gol akan berperan vital dalam penentuan juara dan runner-up Grup E. Hal ini juga berlaku untuk penentuan 2 runner-up terbaik untuk sisa tiket yang masih ada.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.