Kompas TV regional wisata

Jadi Daya Tarik Wisata di Sumbar, Segini Harga Tiket Air Terjun Lembah Anai yang Sempat Meluap

Kompas.tv - 14 Juni 2022, 20:20 WIB
jadi-daya-tarik-wisata-di-sumbar-segini-harga-tiket-air-terjun-lembah-anai-yang-sempat-meluap
Air terjun Lembah Anai di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Air terjun yang berada di tepi ruas jalan lintas Sumatera antara Padang-Bukittinggi ini meluap pada Senin (13/6/2022) malam. (Sumber: Shutterstock/KiwiGraphi Studio)
Penulis : Dian Septina | Editor : Vyara Lestari

PADANG, KOMPAS.TV - Air Terjun Lembah Anai yang terletak di tepi jalan antara Padang dan Bukittinggi di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, meluap pada Senin (13/6/2022).

Luapan air terjun Lembah Anai sempat merendam badan jalan, sehingga membuat kemacetan panjang di kawasan itu.

Air Terjun Lembai Anai terletak di pinggir Jalan Raya Padang-Bukittinggi di kaki Gunung Singgalang. Dengan posisi yang strategis itu, pengendara yang melintas akan berhenti di lokasi tersebut untuk menikmati pemandangan air terjun dan pepohonan yang rindang.

Mengenal Air Terjun Lembah Anai

Lembah Anai termasuk destinasi wisata pelancong. Kawasan ini menawarkan hawa yang menyejukkan, tenang, dan pemandangan hijau yang menyegarkan mata.

Dikutip dari laman Provinsi Sumatera Barat, Lembah Anai merupakan tempat wisata alami yang terkenal dan menjadi salah satu maskot pariwisata di Sumatera Barat.

Air Terjun Lembah Anai memiliki tinggi sekitar 35 meter, merupakan bagian dari aliran Sungai Batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang yang menuju daerah patahan Anai.

Baca Juga: Air Terjun Lembah Anai Sempat Meluap, Polisi Minta Pengguna Jalan Terus Berhati-hati

Sebelum ke Bukittinggi, pengendara dari Padang dapat melepas lelah di Air Terjun Lembah Anai yang memberikan kesejukan.

Setelah sampai kawasan, pengunjung yang ingin ke air terjun perlu melewati beberapa anak tangga, lalu mengikuti jalan datar dan turunan hingga sampai ke air terjun.

Ada dua tempat yang dapat menjadi pilihan, yaitu menikmati air terjun dari atas atau lebih dekat. Jika ingin mendekat, pengunjung dapat turun beberapa meter lagi hingga bisa bermain air.

Air Terjun Lembah Anai merupakan konservasi Cagar Alam Lembah Anai. Harga tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang.

Baca Juga: 5 Fakta Desa Cimaung, Lokasi Pemakaman Eril yang Menyuguhkan Wisata Alam Menyejukkan

Rute Perjalanan ke Air Terjun Lembah Anai

Untuk mencapai kawasan ini, pengunjung yang berkendara mobil dari Bandar Udara Minangkabau Padang membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam.

Perjalanan ke Lembah Anai akan melewati bukit dan jurang yang terjal, penuh pohon-pohon besar yang menutupi barisan bukit di sekelilingnya. Perjalanan juga akan melewati air terjun dari Sungai Batang Anai yang cantik.

Jika ingin berkunjung, sebaiknya memilih waktu yang tepat untuk berlibur ke Lembah Anai. Pengunjung disarankan mengunjungi kawasan Lembah Anai saat musim kemarau.

Di balik kesejukan yang ditawarkan, daerah ini terbilang berbahaya saat musim penghujan. Suasana tenang dan alami bisa berubah menjadi menakutkan saat hujan deras tiba.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x