Kompas TV nasional politik

Bima Arya Sebutkan 5 Kriteria Capres dan Cawapres PAN di Pilpres 2024

Kompas.tv - 14 Juni 2022, 19:35 WIB
bima-arya-sebutkan-5-kriteria-capres-dan-cawapres-pan-di-pilpres-2024
Suasana konferensi pers peluncuran "PAN Memilih 2024" di Kantor DPP PAN, Jakarta, Selasa (14/6/2022). (Sumber: ANTARA/HO-Humas PAN)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) Bima Arya menyebutkan lima kriteria calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dari partainya, Selasa (14/6/2022).

Bima menekankan, PAN memiliki lima kriteria resmi dalam memilih capres dan cawapres pada pemilihan umum presiden (Pilpres) 2024.

Kelima kriteria capres dan cawapres PAN itu adalah sebagai berikut:

  1. Harus merupakan sosok yang nasionalis dan religius.
  2. Patut memiliki rekam jejak kepemimpinan yang kuat.
  3. Harus berpihak pada kelanjutan generasi. 
  4. Harus memiliki semangat inovasi dan kolaborasi.
  5. Harus berwawasan Nusantara dan memiliki perspektif global.

"Sesuai dengan arahan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, lima kriteria saja, seperti Pancasila ada lima juga. Prinsipnya, change and continuity (perubahan dan keberlanjutan)," kata Bima dalam konferensi pers peluncuran "PAN Memilih 2024" di Kantor DPP PAN, Jakarta, Selasa, dikutip dari Antara.

Baca Juga: Malam Ini KPU RI Luncurkan Tahapan Pemilu, Berikut Link Streamingnya

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto mengatakan pihaknya membuka kesempatan bagi publik untuk menyampaikan aspirasi mereka terkait usulan capres dan cawapres pada Pilpres 2024.

"Di samping jalur jenjang partai, kami juga membuka kesempatan bagi masyarakat umum (untuk mengajukan nama capres dan cawapres pada Pilpres 2024), di antaranya para ulama, akademisi, kelompok buruh, profesional, pengusaha, dan lainnya," kata Yandri dalam acara yang sama.

Ia menambahkan, masyarakat bisa menyampaikan aspirasi ke DPP, Dewan Perwakilan Wilayah (DPW), dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN.

Sementara Sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN Eddy Soeparno menjelaskan, kegiatan "PAN Memilih 2024" merupakan gerakan untuk menjaring aspirasi para kader di seluruh Indonesia dalam memilih capres/cawapres yang akan diusung pada Pemilu 2024.

Ia mengatakan bahwa "PAN Memilih 2024" akan berlangsung selama 2 bulan. PAN akan menjaring enam nama atau tiga pasangan capres-cawapres.

Nama-nama itu akan diputuskan pada Rakernas PAN yang akan digelar bertepatan dengan HUT ke-24 PAN pada Agustus mendatang.

Menurut Eddy, DPD dan DPW PAN tampak antusias terhadap kegiatan tersebut.

"DPD dan DPW antusias, bahkan beberapa sudah memunculkan nama-nama. Kemarin DPW Lampung sudah. DPD Cianjur sudah. Akan menyusul segera DPD dan DPW yang lain. Kami beri judul proses ini 'PAN Memilih 2024'. Ini akan semarak," kata dia.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x