Kompas TV religi beranda islami

Jika Muslim Percaya Bumi Datar, Gus Baha Bilang Begini

Kompas.tv - 14 Juni 2022, 16:50 WIB
jika-muslim-percaya-bumi-datar-gus-baha-bilang-begini
Gus Baha menjelaskan bumi datar yang disebut aneh jika seorang muslim justru percaya hal itu (Sumber: kompas.id)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ulama kharismatik asal Rembang, KH Ahmad Bahaudin Nursalim atau biasa disapa Gus Baha, menjelaskan soal fenomena Bumi datar. 

Fenomena bumi datar ini, kata Gus Baha, menyebut aneh jika seseorang muslim sampai memercayainya. 

Apalagi jika, lanjut Gus Baha, ada seseorang yang menggunakan terma agama atau dalil untuk membenarkan pendapat soal bumi datar ini.

Gus Baha lantas menukil pendapat imam Ibnu Hajar Al-Asqalani tentang makna sebuah lafal dalam sebuah dalil bisa jadi adalah netral, berubah sesuai keinginan orang tersebut.  

"Semua lafal itu pada dasarnya belum ada maknanya. Yang memberi makna atau tafsir terhadap lafal itu adalah hatinya," papar Gus Baha di Youtube Santri Gayeng dikutip Selasa (16/6/2022), KOMPAS.TV sudah dapat izin mengutipnya. 

Konteks maksud pernyataan di atas terkait dengan tafsir atau pemaknaan yang terkadang menihilkan ilmu.

Padahal, lanjut mufasir yang menulis berjilid-jilid tafsir Al-Qur'an bertajuk Al-Qur'an dan Tafsirnya (UII Press).dalam memahami agama harusnya memahami apa yang disebut ilmu alat. 

Ilmu alat itu seperti berupa ilmu sharaf atau nahwu untuk memahami gramatikal Arab, maupun ilmu lughot atau bahasa untuk memahami makna yang dimaksud bahasa itu. 

"Jika dalam ilmu Falaq (perbintangan) disebutkan, bumi itu Qurratul Qodam atau bulat seperti bola, lantas ada seorang yang tidak pernah ngaji bilang,'bohong, bumi itu datar,'. lantas ia pakai dalil untuk benarkan hal itu," papar Gus Baha. 

Baca Juga: Gus Baha Jelaskan soal Jalan Hidayah yang Kerap Disalahpahami, Bagaimana itu?



Sumber : Kompas TV/santri gayeng

BERITA LAINNYA



Close Ads x