Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Pertempuran Donbass Dapat Menentukan Akhir Perang Rusia-Ukraina

Kompas.tv - 14 Juni 2022, 16:11 WIB
pertempuran-donbass-dapat-menentukan-akhir-perang-rusia-ukraina
Kombatan separatis Republik Rakyat Donetsk (DPR) menembakkan roket di dekat Panteleimonivka, teritori yang dikuasai separatis DPR, 28 Mei 2022. (Sumber: Alexei Alexandrov/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

KIEV, KOMPAS.TV - Hingga perang memasuki bulan keempat, pasukan Rusia terus menggempur kawasan Donbass di timur Ukraina dengan artileri dan serangan udara tanpa henti. Walaupun sempat kesulitan pada awal invasi, Rusia menorehkan progres pelan tetapi pasti untuk merebut kawasan tersebut.

Donbass sendiri merupakan kawasan jantung industri Ukraina. Wilayah ini cukup signifikan dan dapat menentukan arah perang Rusia-Ukraina.

Apabila Rusia merebut Donbass, Ukraina tidak hanya kehilangan wilayah, tetapi juga elemen militer terbaiknya yang diposkan di kawasan itu. Direbutnya Donbass akan membuka jalan untuk merebut lebih banyak wilayah Ukraina. Juga, memaksakan ketetapan dalam negosiasi dengan Kiev.

Akan tetapi, jika Moskow gagal, pertempuran Donbass dapat menjadi titik mula kontraofensif Ukraina. Di dalam negeri, kegagalan tersebut juga dapat memicu pergolakan politik di Kremlin.

Sebelum invasi, kawasan Donbass telah diperebutkan Ukraina dengan kelompok separatis Republik Rakyat Donetsk (DPR) dan Republik Rakyat Luhansk (LPR). DPR dan LPR telah memerangi Ukraina sejak memerdekakan diri pada 2014.

Pemfokusan operasi militer di Donbass adalah keputusan Moskow usai gagal merebut Kiev pada awal-awal invasi. Berkaca dari kegagalan, Rusia pun membuat pendekatan berbeda, lebih bertumpu pada serangan jarak jauh untuk mengikis pertahanan Ukraina.

Baca Juga: Akses ke Sivierdonetsk Diputus, Rusia Ancam Pasukan Ukraina: Menyerah atau Mati

Strategi itu, sejauh ini, membuahkan hasil. Militer Rusia yang memiliki perlengkapan lebih baik telah menorehkan hasil, baik di oblast (daerah setingkat provinsi) Donetsk ataupun Luhansk, dua teritori yang diklaim DPR dan LPR.

Menurut laporan Associated Press, per Juni 2022, Rusia dan separatis telah menguasai 95 persen teritori Luhansk dan sekitar setengah Donetsk.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mendengarkan laporan terkait garis depan di wilayah Donetsk, Ukraina selama invasi Rusia pada Minggu (5/6/2022). (Sumber: Kantor Pers Kepresidenan Ukraina)

Bombardir gencar pun mulai mengikis kekuatan pertahanan Ukraina. Penasihat kantor kepresidenan Ukraina, Mykhailo Podolyak menyebut pihaknya kehilangan 100 hingga 200 serdadu per hari. Kepada BBC, ia menyebut pasukan Rusia telah “mengeluarkan apa pun yang non-nuklir di medan perang.”

Menteri Pertahanan Ukraina Oleksiy Reznikov mendeskripsikan situasi pertempuran Donbass “sangat sulit”, mendamprat Rusia “melakukan apa pun untuk menelan hidup manusia demi memuaskan ego imperial.”

Walaupun perang telah merongrong ekonomi Rusia karena sanksi meluas, Presiden Vladimir Putin bersikeras atas tuntutannya ke Kiev. Kremlin menuntut Ukraina mengakui semua wilayah yang kini direbut Rusia dan separatis, termasuk Semenanjung Krimea yang dianeksasi pada 2014. 

Di lain pihak, Kiev juga bersikeras menolak tuntutan Rusia tersebut.

Hingga bulan keempat, pasukan Rusia telah menguasai seluruh pesisir Laut Azov, termasuk kota pelabuhan strategis Mariupol, Oblast Kherson, dan sebagian besar wilayah Zaporizhzhia. Rusia dapat menekan lebih jauh ke dalam wilayah Ukraina, Putin diduga tak mau berhenti di situ saja.

Baca Juga: Presiden Meksiko Salahkan NATO Terkait Perang Rusia-Ukraina: Kebijakanmu Amoral!

Putin selalu mengeklaim bahwa Ukraina adalah wilayah Rusia secara historis. Ia membandingkan perang Rusia-Ukraina dengan perang lawan Swedia yang dikobarkan Tsar Pyotr I dari Rusia pada abad 18 yang bertujuan “merebut kembali” wilayah Rusia.

Perubahan Taktik Rusia di Donbass

Tak seperti pada awal invasi, pasukan Rusia terlihat cenderung menggunakan taktik konservatif di Donbass. Sebelumnya, banyak pihak menduga Rusia akan berusaha mengepung pasukan Ukraina dengan gerak menjepit yang masif. Namun, Rusia justru membuat langkah lebih kecil untuk memaksa Ukraina mundur dan tidak terlalu mengulur jalur suplainya sehingga rawan diserang.



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x