Kompas TV regional peristiwa

Ridwan Kamil Izinkan Warga Ziarah ke Makam Eril Pagi hingga Sore

Kompas.tv - 14 Juni 2022, 12:37 WIB
ridwan-kamil-izinkan-warga-ziarah-ke-makam-eril-pagi-hingga-sore
Prosesi pemakaman Emmeril Kahn Mumtadz di Cimaung, Jawa Barat, Senin (13/6/202. (Sumber: Humas Jabar)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

BANDUNG, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memperbolehkan warga untuk mendoakan dan berziarah ke makam putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, di Kompleks Islamic Baitul Ridwan, Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Adapun waktu ziarah ke pemakaman Eril itu dibuka mulai dari pagi hingga sore hari, tepatnya pukul 08.00-17.00 WIB.

"Dear warga tercinta, jika ingin mendoakan sambil berziarah, waktunya adalah jam 08.00-17.00," kata pria yang akrab disapa Kang Emil dalam Instagram pribadinya @ridwankamil, dikutip Selasa (14/6/2022).

Selain menyampaikan waktu berziarah, Kang Emil juga menyampaikan salam dari Cimaung yang dikenalkannya sebagai tempat yang indah.

"Greetings from beautiful Tigerwater yang indah permai," kata Ridwan Kamil.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil)

Sementara itu berdasarkan pantauan jurnalis KOMPAS TV Naufal Rabani di Cimaung, ada beberapa peraturan yang harus ditaati para peziarah yang datang ke makam Eril.

Baca Juga: Sorotan Berita: Pemakaman Eril, Kenaikan Tarif Listrik, Iko Uwais Dilaporkan atas Dugaan Pemukulan

Aturan tersebut meliputi, datang dengan tertib, tidak berbondong-bondong, patuhi protokol kesehatan, dan menjaga privasi keluarga.

Selain itu, warga yang akan berziarah pun dibatasi hanya 10 orang untuk sekali masuk ke pemakaman selama 10 menit.

Hal tersebut dilakukan sebagai antisipasi agar tidak adanya penumpukan peziarah di sekitar pemakaman Eril.

Sebelumnya, prosesi pemakaman Eril digelar secara terbatas dan hanya diikuti oleh pihak keluarga pada Senin (13/6/2022).

Tampak keluarga besar Ridwan Kamil dan istrinya Atalia beserta kedua adik dari Eril, Camillia Laetitia Azzahra dan Arkana Aidan Misbach mendampingi prosesi pemakaman di sisi liang lahad. 

Dipantau langsung dari tayangan Breaking News KOMPAS TV, nampak petugas pemakaman berseragam biru berjumlah setidaknya delapan orang membantu menurunkan jenazah Eril ke liang lahad.

Jenazah Eril dimakamkan diiringi oleh ayat suci Al-quran yang memuji kebesaran Tuhan.

Eril dimakamkan tepat di hari ke-18 setelah dinyatakan hilang karena tenggelam di Sungai Aare, Bern, Swiss, pada 26 Mei lalu. Jenazah Eril kemudian ditemukan pada hari ke-14 di Bendungan Engehalde oleh seorang guru di Bern.

Saat kabar itu didapat pihak keluarga, Ridwan Kamil bergegas kembali ke Swiss sembari membawa kain kafan titipan dari sang nenek di Bandung. Kemudian, jenazah Eril tiba di Indonesia pada Minggu, 12 Juni 2022 di Bandara Soekarno Hatta dan langsung disemayamkan di Gedung Pakuan, sebelum pada Senin 13 Juni akhirnya dimakamkan.

Baca Juga: Usai Pemakaman, Ini Pesan Perpisahan Atalia Istri Ridwan Kamil kepada Almarhum Eril



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x