Kompas TV nasional rumah pemilu

Charta Politika: Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil Menyita Perhatian di Survei Cawapres

Kompas.tv - 14 Juni 2022, 06:30 WIB
charta-politika-sandiaga-uno-dan-ridwan-kamil-menyita-perhatian-di-survei-cawapres
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menggendong putra bungsungnya, Arkana Aidan Misbach, di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (6/6/2022). (Sumber: Kompas.com/DENDI RAMDHANI )
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hasil survei Charta Politika Indonesia menunjukkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memiliki elektabilitas tinggi sebagai calon wakil presiden (cawapres).

Hal ini dipastikan oleh Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto, dalam acara Rilis Survei Charta Politika: Membaca Situasi Politik dan Konstelasi Elektoral Pasca-Rakernas Projo, yang disiarkan di platform Zoom Meeting, dipantau dari Jakarta, Senin, (13/6/2022).

Dalam simulasi elektabilitas wakil presiden, Sandiaga Uno memperoleh persentase elektabilitas tertinggi sebesar 27,6 persen, sedangkan Ridwan Kamil yang berada di posisi kedua memperoleh persentase elektabilitas sebesar 16,5 persen dari responden.

"Bisa saya sebutkan ada dua nama yang paling menyita perhatian karena sudah masuk di dua digit, yaitu Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya dikutip dari Antara.

Baca Juga: Sandiaga Uno Disambut Hangat Warga saat Berkunjung ke Desa Wisata Limbo Wolio

Yunarto berspekulasi hasil ini didasari karena Sandiaga Uno yang sudah pernah maju sebagai calon wakil presiden pada pemilihan umum sebelumnya pada Pemilu 2019.

Menurutnya rekam jejak itu menjadikan Sandiaga Uno punya citra yang lekat sebagai seorang wakil presiden apabila dibandingkan dengan nama lainnya.

"Cawapres saya pikir tidak lagi dilihat sebagai faktor pelengkap, tetapi akan menentukan faktor kemenangan," tuturnya.

Kemudian dalam survei ini, Menteri BUMN Erick Thohir menempati posisi ketiga dengan elektabilitas sebesar 9,8 persen yang disusul Ketua Umum Partai Demokrat Agus H Yudhoyono dengan elektabilitas sebesar 8,8 persen. 

Lalu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan elektabilitas sebagai wakil presiden sebesar 6,4 persen.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x