Kompas TV regional berita daerah

Warga Berharap Pemerintah Lakukan Penanganan

Kompas.tv - 13 Juni 2022, 20:55 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Puluhan rumah warga di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, rusak akibat bencana tanah bergerak. Tiga rumah diantaranya sudah tidak layak ditempati lantaran kerusakannya cukup parah dan membahayakan penghuninya.

 

Bencana tanah bergerak ini merusak tembok dan lantai mengakibatkan retak retak pada bangunan rumah warga yang berada di sekitar Bantaran Kali Gung, Desa Kajen, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Pergerakan tanah sangat terasa saat hujan turun dengan intensitas tinggi.

 

Menurut warga setempat bencana tanah bergerak sudah dirasakan sejak empat bulan lalu. Warga hanya berupaya melakukan perbaikan banguanan agar lebih aman ditempati. Namun, pergerakan tanah semakin parah karena dipicu oleh intensitas hujan yang tinggi beberapa hari belakangan ini.

 

Warga menduga bencana tanah bergerak dipicu adanya aktivitas galian C atau penambangan material pasir dan batu liar sehingga Memicu longsornya Tebing Kali Gung. Warga yang terdampak bencana, meminta Pemerintah segera melakukan penanganan dan menyediakan lahan relokasi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x