Kompas TV regional berita daerah

Hama Wereng Serang Lahan Padi Di Klungkung

Kompas.tv - 13 Juni 2022, 15:35 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KLUNGKUNG, KOMPAS TV - Cuaca yang tidak menentu beberapa hari belakangan ini berimbas buruk pada pertanian, utamanya padi yang baru berumur 20 sampai 42 hari. Tanaman jadi rentan terserang hama wereng dan pengerek batang atau penyakit blas yang langsung merusak tanaman yang berimbas pada tanaman rawan gagal panen.

Salah satunya di Subak Delod Getakan, Klungkung. Hektaran lahan sawah petani setempat terserang hama. Kondisi ini terjadi sejak padi berumur 20 hari.

Seperti yang disebutkan salah seorang petani, I Wayan Putu Yasa yang lahannya terserang dua jenis hama, yakni hama wereng ijo dan tanaman memerah. Alhasil, dipastikan dirinya gagal panen jika tidak segera ditangani.

Kepala Dinas Pertanian Klungkung mengatakan, pihaknya berupaya menangani agar hama tidak menyebar, utamanya wereng ijo. Petugas penyuluh pertanian setempat melakukan berbagai upaya, salah satunya melakukan penyemprotan secara masaal, sehingga lahan yang belum terserang hama bisa diselamatkan, dan kerugian petani  tidak terlalu banyak.

Petani juga diharapkan untuk ikut berupaya melakukan penanggulangan, baik dengan petisida dan juga obat tradisional, agar hama tidak menyebar ke lahan pertanian lain.

 

 

 

 

 

 

#hamawereng #pertanianklungkung #dinaspertanianklungkung

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x