Kompas TV regional peristiwa

Beri Sambutan di Pemakaman Eril, Ridwan Kamil: Mohon Dibukakan Pintu Maaf untuk Almarhum

Kompas.tv - 13 Juni 2022, 12:19 WIB
beri-sambutan-di-pemakaman-eril-ridwan-kamil-mohon-dibukakan-pintu-maaf-untuk-almarhum
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat memberi sambutan di pemakaman Eril, daerah Cimaung, Kabupaten Bandung, Senin (13/6/2022) (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Desy Afrianti

BANDUNG, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memohon dibukakan pintu maaf untuk putra pertama, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril selama masa hidupnya.

Pernyataan itu disampaikan Ridwan Kamil dalam sambutannya usai prosesi pemakaman Eril, Senin (13/6/2022).

"Kami memohon dibukakan pintu maaf kepada almarhum Emmeril Kahn Mumtadz jika selama hidupnya ada ucapan, tindakan, dan hal yang kurang berkenan, kami mohon dibukakan pintu maafnya dari kekhilafan dan dosa," kata Ridwan Kamil di lokasi pemakaman Eril, Cimaung, Kabupaten Bandung yang dipantau secara daring, Senin (13/6).

Selain itu, Ridwan Kamil juga menyampaikan kepada seluruh pihak yang masih memiliki urusan terhadap Eril terkait utang piutang atau janji yang belum tunai agar dapat segera menghubungi keluarga.

Menurut Emil, itu dilakukan agar Eril bisa terlepas dari tanggung jawab dunia dengan cara sempurna.

"Jika ada hal-hal yang masih bersangkutpaut dengan urusan dunia, urusan utang piutang, janji atau komitmen yang belum tunai kami mohon segera untuk menghubungi keluarga kami untuk diselesaikan agar almarhum bisa lepas dengan tanggung jawab di dunianya secara sempurna," ujarnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil dan Atalia Praratya Tegar saat Prosesi Pemakaman Eril di Cimaung

Jenazah Eril dimakamkan di Cimaung, Kabupaten Bandung, Senin (13/6/22) siang. 

Tampak keluarga besar Ridwan Kamil dan istrinya Atalia beserta kedua adik dari Eril, Camillia Laetitia Azzahra dan Arkana Aidan Misbach mendampingi prosesi pemakaman di sisi liang lahat. 

Dipantau langsung dari tayangan Breaking News KOMPAS TV, nampak petugas pemakaman berseragam biru berjumlah setidaknya delapan orang membantu menurunkan jenazah Eril ke liang lahad.

Ridwan Kamil dan istrinya Atalia berdiri di sisi liang lahat mendampingi prosesi pemakaman. 

Usai diturunkan ke liang lahad, Ridwan Kamil kemudian memulai menyekop tanah untuk menutup pemakaman Eril. Prosesi ini kemudian dilanjutkan oleh delapan petugas pemakaman tersebut. 

Prosesi pemakaman sendiri digelar secara terbatas dan hanya diikuti oleh pihak keluarga.

Jenazah Eril dimakamkan diiringi oleh ayat suci Al-quran yang memuji kebesaran Tuhan. Jenazah dimakamkan menghadap kiblat. 

Baca Juga: Jenazah Eril Dimasukkan ke Liang Lahad Diiringi Lantunan Ayat Suci Al-quran



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x