Kompas TV nasional gaya hidup

Ingin Awet Muda? Rutin Konsumsi 6 Makanan Ini untuk Memperlambat Penuaan

Kompas.tv - 13 Juni 2022, 15:13 WIB
ingin-awet-muda-rutin-konsumsi-6-makanan-ini-untuk-memperlambat-penuaan
Ilustrasi - Makanan yang membantu meperlambat penuaan atau antiaging(Sumber: Kompas/Tribunnews)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Desy Afrianti

SOLO, KOMPAS.TV – Tanda penuaan seiring bertambah usia memang tak bisa dihentikan. Namun, makan makanan yang tepat bisa membantu memperlambat proses penuaan seperti kerutan agar tidak muncul terlalu cepat.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang makanan mana yang dapat membantu memperlambat proses penuaan, berikut enam makananan untuk antiaging, dilansir dari kelompok Galvanized Media, Eatthis.com;

  • Alpukat

Alpukat mengandung antioksidan anti-penuaan seperti vitamin B, C, folat, magnesium, lutein, dan beta-karoten. Alpukat juga kaya dalam jenis lemak tak jenuh (lemak tak jenuh tunggal), yang meningkatkan antioksidan untuk memperlambat penuaan.

  • Paprika merah

Sayuran satu ini kaya akan vitamin C, antioksidan yang membantu mendorong produksi kolagen yang baik untuk kulit.

 Bahkan, paprika juga kaya akan karotenoid, yang membuatnya berwarna merah kekuningan dan melawan peradangan.

Baca Juga: Khasiat Mengejutkan dari Ekstrak Buah Kaktus, Anti Penuaan hingga Obat Jerawat

  • Buah beri

Buah beri merupakan sumber antioksidan yang baik dan dapat menangkal radikal bebas alias pemicu penuaan dini.

Namun perlu diingat, setiap jenis buah beri memiliki kandungan antioksidan berbeda. Kendati demikian jika bicara soal nutrisi, blueberry adalah salah satu sumber terbaik.

  • Selada air

Selada air merupakan sayuran dengan rasa ringan yang mengandung beta karoten empat kali lebih banyak daripada apel, dan 238 persen dari dosis vitamin K harian yang direkomendasikan per 100 gram. Senyawa ini bisa membuat kulit terlihat awet muda.

Selada air yang kaya akan berbagai vitamin, mineral dan nutrisi ini juga dapat berperan sebagai antiseptik bagi kulit dan dapat meningkatkan aliran mineral di dalamnya ke kulit. Hal ini akan meningkatkan oksigen di dalam kulit dan mencegah penuaan.

Tak hanya itu, selada air kaya akan vitamin A dan C, yang keduanya merupakan antioksidan kuat yang melawan radikal bebas. Kemudia, kaya akan kalsium, yang akan menjaga tulang tetap kuat seiring bertambahnya usia.

Kandungan karotenoid dalam selada air juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, polusi, dan faktor lingkungan.

  • Almond

Almond kaya akan vitamin E yang dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit. Bahkan dapat membantu menjaga kulit tetap lembap dan mampu menangkal sinar UV yang dapat menyebabkan kerusakan.

  • Kacang

Kacang-kacangan juga merupakan tambahan yang bagus untuk asupan setelah usia 50, karena diketahui dapat untuk memperlambat proses penuaan dan membantu penurunan kognitif.

"Kacang adalah sumber yang baik dari banyak nutrisi yang dapat membantu memperlambat penuaan seperti antioksidan, lemak sehat untuk jantung, dan mineral," kata Holly Klamer, MS, RDN, ahli diet terdaftar dan penulis di My Crohns And Colitis Team.

Baca Juga: Kulit Menjadi Lebih Kering? Itu Satu dari Lima Tanda Penuaan Alami

 



Sumber : eatthis.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x