Kompas TV regional peristiwa

Kondisi di Lokasi Pemakaman Eril, Ribuan Warga Penuhi Pintu Masuk Tunggu Kedatangan Jenazah

Kompas.tv - 13 Juni 2022, 09:59 WIB
kondisi-di-lokasi-pemakaman-eril-ribuan-warga-penuhi-pintu-masuk-tunggu-kedatangan-jenazah
Antusiasme masyarakat tinggi, ribuan warga memenuhi pintu masuk lokasi pemakaman Eril di Cimaung, Jawa Barat (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Desy Afrianti

BANDUNG, KOMPAS.TV - Pemakaman jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, anak pertama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan berlangsung hari ini, Senin (13/6/2022).

Sekitar pukul 09.00 WIB, jenazah Eril diberangkatkan menuju lokasi pemakaman keluarga di Kampung Geger Beas, Desa Cimaung, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Kompas TV, situasi di pintu masuk lokasi pemakaman jenazah Eril sudah dipenuhi oleh masyarakat. Diketahui, ribuan warga berkumpul di lokasi karena ingin melihat iring-iringan mobil yang membawa jenazah Eril.

Adapun beberapa petugas gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, dan dishub sudah mulai berjaga di beberapa titik, guna mengamankan arus lalu lintas di depan Islamic Center Baitulridwan. Terutama salah satunya mengurai kepadatan agar mobil tamu undangan bisa masuk ke lokasi pemakaman.

Tak hanya itu, enam tenda untuk tamu undangan di lokasi pemakaman Eril sudah berdiri. Kursi serta fasilitas pendukung prosesi pemakaman Eril seperti, layar, dan sound system juga sudah dipersiapkan.

Kendati sudah mempersiapkan berbagai fasilitas, tetapi akses jalan menuju titik area pemakaman Eril tampak masih belum siap. Material basecourse (beskos) yang digunakan untuk pengurukan jalan, terlihat masih belum mengeras, lantaran lokasi pemakaman Eril sejak kemarin diguyur hujan.

Baca Juga: Warga Lantunkan Lafaz Tahlil hingga Histeris Iringi Jenazah Eril ke Pemakaman di Cimaung

Sembari menanti kedatangan jenazah Eril di lokasi pemakaman, sejumlah pekerja masih menyelesaikan beberapa pekerjaan, seperti merapikan jalan dan membereskan material sisa pekerjaan yang sudah berlangsung selama tiga hari. Begitu juga dengan area pemakaman Eril, beberapa pekerja masih terlihat mempersiapkan liang lahat.

Pemakaman dijadwalkan akan berlangsung pada pukul 11.00 WIB dan tertutup untuk umum. Sementara masyarakat diperbolehkan ziarah ke makam Eril setelah proses pemakaman selesai.

Sebelumnya diberitakan, rute pemakaman Eril yang dimulai dari rumah duka Gedung Pakuan ke Islamic Centre, Cimaung, Banjaran bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi dan angkutan umum. 

Adapun rute pemakaman Eril menggunakan kendaraan pribadi diungkap oleh Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jawa Barat Wahyu Mijaya.

Rute pemakaman Eril yakni dari Gedung Pakuan - Wastu Kencana - Tol Pasteur - keluar dari Tol Soroja - kemudian langsung mengarah ke Cimaung.

Dengan rute tersebut, Wahyu meminta maaf dan meminta warga Jawa Barat yang beraktivitas seperti sekolah dan bekerja untuk mengantisipasi jika ada kemacetan di rute pemakaman Eril tersebut. "Mohon maaf kalau ada yang terdampak," kata Wahyu.

Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril meninggal dunia karena tenggelam di Sungai Aare, Swiss. Sebelumnya, Eril hilang di Sungai Aare, saat berenang bersama adik dan temannya pada 26 Mei 2022. Kemudian setelah dua pekan pencarian, Eril ditemukan oleh seorang Guru SD di Bendungan Engehalde.

Baca Juga: Jenazah Eril Meninggalkan Pakuan Diiringi Lantunan Tahlil, Warga Menyemut di Tepi Jalan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x