Kompas TV nasional peristiwa

Ridwan Kamil Pimpin Salat Jenazah bagi Eril di Gedung Pakuan Bandung

Kompas.tv - 12 Juni 2022, 21:05 WIB
ridwan-kamil-pimpin-salat-jenazah-bagi-eril-di-gedung-pakuan-bandung
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memimpin salat jenazah bagi sang putra Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, di Gedung Pakuan, Bandung, Minggu (12/6/2022). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jenazah putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, telah tiba di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Minggu (12/6/2022) pukul 20.00 WIB. 

Setibanya jenazah Eril di Gedung Pakuan, keluarga besar menggelar salat jenazah bersama yang diimami langsung oleh Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil terlihat mengenakan jas, peci, dan celana hitam saat memimpin salat tersebut.

Sejumlah pejabat di wilayah provinsi Jawa Barat juga turut hadir menjadi makmum pada salat jenazah tersebut, salah satunya adalah Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

Diketahui, selepas disalatkan, jenazah Eril akan disemayamkan di ruang utama Gedung Pakuan Bandung hingga Senin (13/6) pagi. 

Selama disemayamkan di Gedung Pakuan, masyarakat umum diperbolehkan bertakziah dan melakukan salat jenazah. Waktu yang diberikan adalah mulai pukul 22.00 malam ini hingga pukul 08.00 pada Senin pagi.

Sebelumnya, Ridwan Kamil dan jenazah Eril bertolak dari Swiss pada Sabtu (11/6/2022) pukul 10.10 waktu setempat atau pukul 15.10 WIB.

Mereka tiba di Tanah Air melalui Bandara Soekarno Hatta pada Minggu (12/6) pukul 15.20 WIB.

Baca Juga: Momen Jenazah Eril Tiba di Bandara Soetta, Disambut Warga dan Syukur Haru Atalia Praratya

Setelah disemayamkan, jenazah Eril bakal diberangkatkan ke lokasi pemakaman dengan rombongan keluarga inti pada Senin (13/6) mulai pukul 09.00 WIB.

Adapun Eril akan dimakamkan di Cimaung, Kabupaten Bandung Jawa Barat. Lokasi pemakaman tersebut merupakan kampung halaman sang ibunda, Atalia Praratya.

Sebelumnya, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Jawa Barat Wahyu Mijaya mengungkapkan rombongan rencananya akan melewati rute Gedung Pakuan, Wastu Kencana, Pintu Tol Pasteur, Tol Soroja, dan menuju Cimaung.

"Kami berangkat mulai pukul 09.00 WIB agar tidak mengganggu masyarakat yang akan berangkat bekerja atau sekolah, apalagi hari Senin yang padat. Kami mohon maaf jika ada kemacetan di jalan yang dilintasi," ujar Wahyu, Sabtu (11/6). 

Eril akan dimakamkan di sebelah masjid yang kini tengah didesain dan sedang dibangun oleh sang ayah, Ridwan Kamil.

Tak hanya itu, masjid yang tengah dibangun tersebut rencananya akan diberi nama Majid Al-Mumtadz.

“Masjid Al Mumtadz. Yang artinya 'terbaik'. 'Terbaik' adalah caramu menjalani hidup di dunia fana ini. Tidak sia-sia kami pilihkan nama penuh doa itu untukmu," tulis Ridwan Kamil di akun Instagram miliknya, Sabtu (11/6).

Eril dilaporkan terbawa arus ketika berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss, pada 26 Mei 2022. Ia sempat dinyatakan hilang, tapi kemudian jasadnya ditemukan pada Rabu, 8 Juni 2022.

Setelah sempat dimandikan dan disalatkan sesuai ketentuan syariat Islam di Rumah sakit Universitas Bern Swiss, jenazah Eril diberangkatkan ke Tanah Air, satu pesawat dengan Ridwan Kamil pada Sabtu (11/6).

Baca Juga: Selawat Sambut Kedatangan Jenazah Eril di Gedung Pakuan Bandung
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.