Kompas TV video sinau

Menyebabkan Masalah Kesehatan, Ini Tanda Kamu Harus Berhenti Makan Makanan Pedas

Kompas.tv - 12 Juni 2022, 19:45 WIB
Penulis : Dimas Wira P

KOMPAS.TV-Tidak bisa dipungkiri, makanan pedas merupakan salah satu jenis makanan yang paling digemari oleh orang Indonesia. Banyak orang menyukai makanan pedas karena sensasi panas dan terbakar di lidah yang bisa ditimbulkan.

Meski nikmat, makan makanan pedas ini tetap saja tidak boleh dilakukan sembarangan karena dapat menyebabkan masalah kesehatan, terutama jika dikonsumsi terlalu banyak.

Faktanya tubuh kita kerap kali sudah memberikan tanda-tanda untuk menghentikan kebiasaan itu agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa tanda Anda mungkin perlu berhenti makan makanan pedas:

1. Mengalami Heartburn

Heartburn adalah rasa terbakar di dada karena asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan atau esofagus Ditambah lagi, banyak makanan pedas mengandung senyawa yang disebut capsaicin. Di mana, senyawa ini dapat memperlambat laju pencernaan Anda sehingga makanan akan bertahan lebih lama di lambung dan meningkatkan risiko terjadinya heartburn.

2. Mengalami Sakit Tenggorokan

Makan makanan pedas dapat menyebabkan pita suara Anda terangsang, membuat Anda bersuara serak. Selain mengiritasi tenggorokan Anda, makanan pedas bahkan bisa lebih merusak dengan refluks asam lambung sebaiknya pemicunya.

3. Diare

Faktanya, bumbu pedas adalah salah satu sumber diare akibat makanan yang paling umum terjadi. Pasalnya, senyawa capsaicin dalam beberapa makanan pedas dapat mengiritasi lapisan lambung atau usus.

4. Bau Mulut

Bau mulut akibat makan makanan pedas sebagian besar disebabkan oleh masalah pencernaan yang ditimbulkan oleh hidangan ini.

5. Mengalami insomnia

Kondisi heartburn bisa bertambah parah saat posisi tubuh berbaring, sehingga bisa membuat Anda sulit tidur

6. Gejala Gastritis Akut

Gastritis terjadi ketika lapisan perut meradang dengan gejala mual, muntah, dan perasaan penuh di perut bagian atas setelah makan.

Editor Video & Grafis: Dimas WPS



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.