Kompas TV nasional breaking news

Jenazah Eril Tiba di Indonesia, Ini Pernyataan Lengkap Pihak Keluarga Ridwan Kamil

Kompas.tv - 12 Juni 2022, 17:01 WIB
jenazah-eril-tiba-di-indonesia-ini-pernyataan-lengkap-pihak-keluarga-ridwan-kamil
Juru bicara keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman, memberikan pernyataan terkait tibanya jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Indonesia, Minggu (12/6/2022). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jenazah Eril, sapaan Emmeril Kahn Mumtadz, akhirnya tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Minggu (12/6/2022), sekitar pukul 15.30 WIB.

Perwakilan keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman, mengungkapkan rasa terima kasih kepada sejumlah pihak yang membantu proses pemulangan jenazah Eril.

“Kami atas nama keluarga Pak Ridwan Kamil dan juga almarhum Emmeril Kahn Mumtadz mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga,” kata Elpi dalam konferensi pers di Transit Lounge Cargo Jenazah, Bandara Soetta, Minggu.

Baca Juga: Jenazah Eril Tiba di Indonesia, Kemlu Lakukan Serah Terima Jenazah kepada Keluarga Ridwan Kamil

“Kepada Pak Presiden Joko Widodo yang telah memerintahkan jajarannya untuk membantu kami sekeluarga selama masa pencarian, kemudian pengurusan jenazah sehingga kami bisa sampai di sini,” lanjutnya.

Pihak keluarga juga berterima kasih kepada jajaran Kementerian Luar Negeri yang membantu proses pemulangan jenazah Eril.

“Tentu ini dibantu oleh Kementerian Luar Negeri, KBRI di Swiss, kemudian kami juga dibantu oleh KBRI di Doha (Qatar) sehingga kami bisa sampai di sini,” sebut Elpi.

Dia menyebut, perjalanan dari Swiss hingga sampai di Indonesia memakan waktu kurang lebih 17 jam.

Ridwan Kamil beserta pejabat KBRI Bern bertolak dari Swiss, tepatnya dari Bandara Zurich pada Sabtu (11/6/2022), kemudian transit di Doha, Qatar, sebelum tiba di Bandara Soetta, Tangerang, Banten, Minggu.

Baca Juga: Momen Iwan Bule Ikut Sambut Ridwan Kamil dan Jenazah Eril di Bandara Soekarno Hatta

Lebih lanjut, pihak keluarga juga berterima kasih kepada Geraldine Beldi, seorang guru di Bern, Swiss yang menemukan jenazah Eril di Bendungan Engehalde, Rabu (8/6/2022).

“Terkhusus salah satunya adalah warga negara Swiss, Ibu Geraldine yang sangat atentif dalam setiap perjalanan menuju pekerjaannya melewati Bendungan Engehalde.”

Pihak keluarga mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga privasi Geraldine Beldi sebagai bagian dari rasa hormat.

Saat ini, proses serah terima jenazah Eril tengah dilakukan. Setelah itu, jenazah akan dibawa menuju Gedung Pakuan, Bandung untuk disemayamkan, sebelum dimakamkan pada Senin (13/6/2022) besok.

Baca Juga: Empat Menteri Hadiri Prosesi Serah Terima Jenazah Eril kepada Keluarga Ridwan Kamil

Proses penyerahan ini diikuti oleh sejumlah pejabat publik, di antaranya Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri BUMN Erick Thohir, Mensesneg Pratikno, Ketua PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, dan Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.