Kompas TV internasional kompas dunia

Prabowo Subianto Sebut Asia Punya Cara Sendiri Selesaikan Masalah: Musuh Anda Belum Tentu Musuh Kami

Kompas.tv - 11 Juni 2022, 21:20 WIB
prabowo-subianto-sebut-asia-punya-cara-sendiri-selesaikan-masalah-musuh-anda-belum-tentu-musuh-kami
Prabowo Subianto menekankan hak prerogatif negara-negara Asia menggunakan cara diplomasi sendiri untuk menyelesaikan tantangan geopolitik, "musuh anda belum tentu musuh saya (kami)", Sabtu (11/6/2022). (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

SINGAPURA, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto menegaskan, negara-negara Asia punya hak prerogatif untuk menggunakan cara diplomasi sendiri untuk menyelesaikan tantangan geopolitik yang mengadang. 

Indonesia sendiri, tegas Prabowo, memilih tidak berpihak dalam konflik internasional. Prabowo juga memaparkan alasan kebijakan luar negeri Indonesia itu, seperti dilaporkan Straits Times, Sabtu (11/6/2022).

Berdasarkan sejarah politik Indonesia dan wilayah sekitarnya, Prabowo mengatakan, pengalaman membawa kesadaran di negara-negara Asia tentang pentingnya "kepemimpinan yang bijaksana dan baik hati".

"Asia Tenggara, sebenarnya, Asia, selama berabad-abad berada di persimpangan imperialisme, dominasi kekuatan besar, eksploitasi, penghancuran," kata sang menteri pertahanan Indonesia pada pertemuan puncak keamanan Asia, Dialog Shangri-La di Singapura.

"Kami adalah yang paling terpengaruh oleh persaingan kekuatan besar, dan oleh karena itu, kami tiba pada cara kami sendiri, cara Asia, untuk menyelesaikan tantangan ini. Pengalaman bersama kami yang didominasi, diperbudak, dieksploitasi, memaksa kami sekarang untuk berusaha menciptakan lingkungan yang damai. Intinya, persahabatan," papar Prabowo penuh penekanan.

“Kami memiliki perbedaan, kami memiliki klaim teritorial yang saling bersaing. Tetapi pandangan kami adalah, kami harus berjuang untuk saling pengertian, untuk komunikasi, dan kami bangga bahwa kami mencapai hampir 50 tahun perdamaian, kerja sama yang bersahabat, dan kemakmuran,” imbuhnya.

Prabowo, yang berbicara pada sesi pleno tentang pengelolaan persaingan geopolitik di kawasan multipolar, mendefinisikan “cara Asia”. Karena, setiap negara di kawasan itu memiliki pendekatannya sendiri untuk menyelesaikan tantangannya “dengan cara yang saling menguntungkan, tanpa menggunakan kekuatan apa pun”, dan di saat yang sama menjaga hubungan baik dengan tetangga dan negara-negara besar.

Baca Juga: Prabowo di Singapura: AS dan China Perlu Lebih Menyimak Suara ASEAN soal Tensi di Laut China Selatan


Prabowo mengatakan, serangan Rusia ke Ukraina menunjukkan, Indonesia tidak dapat mengabaikan keamanan dan kemerdekaannya begitu saja. Ia juga membeberkan alasan untuk memperkuat pertahanan Indonesia.

"Indonesia mendukung tatanan internasional berbasis aturan karena kita paling terpengaruh oleh tatanan apa pun yang hanya mengandalkan kekuatan besar, sementara pengalaman kita dijajah, dieksploitasi, selalu ada dalam batin kita," tuturnya.

Netralitas strategis

Tetapi Prabowo juga menyoroti kebijakan netralitas strategis Jakarta dan penghormatan terhadap hak-hak negara-negara besar.

"Ini terdengar seperti kita sedang duduk di pagar (berdiam diri). Tetapi tidak, ini adalah keputusan sadar, karena bagi kami, untuk menghormati kepentingan semua tetangga kami dan semua kekuatan besar di wilayah ini, adalah penting," kata Prabowo.

Indonesia mengadopsi resolusi Majelis Umum PBB yang mengutuk serangan Rusia ke Ukraina dan menuntut penarikan segera tentara Rusia, tetapi menolak permintaan senjata dari Kiev. Kendati begitu, Indonesia dikatakan siap untuk mengirim bantuan kemanusiaan.



Sumber : Kompas TV/Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.