Kompas TV internasional kompas dunia

Inilah Daftar 10 Nama Kota yang Sulit Diucapkan, Warga Dunia Perlu Cari Tahu Cara Pelafalannya

Kompas.tv - 11 Juni 2022, 14:41 WIB
inilah-daftar-10-nama-kota-yang-sulit-diucapkan-warga-dunia-perlu-cari-tahu-cara-pelafalannya
Para pejalan kaki melintasi sebuah lintasan penyeberangan di Tokyo, Jepang pada 21 Januari 2022. Tokyo menjadi salah satu kota yang banyak dicari cara pelafalan namanya. (Sumber: AP Photo/Eugene Hoshiko)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

SOLO, KOMPAS.TV - Beberapa kota di dunia ternyata banyak dicari di internet bukan untuk ditilik tempat wisata atau hal yang menonjol di dalamnya. Tapi para netizen di seluruh dunia mencari nama kota-kota tersebut ternyata untuk mengetahui bagaimana cara melafalkannya.

Situs permainan kata, WordTips, baru-baru ini mengeluarkan hasil penelitiannya terkait daftar nama kota yang, menurutnya, sulit diucapkan di dunia.

Dalam keterangannya, WordTips menjabarkan setidaknya ada 7.000 bahasa dan dialek yang berasal dari 195 negara.

"Pasti ada beberapa (netizen) yang kebingungan dalam pengucapan (nama kota) dengan benar," tulis WordTips dalam keterangannya.

WordTips melakukan survei dengan data dari kamus pelafalan daring, Forvo.com dan mempelajari nama kota yang kerap dicari terkait cara pelafalannya.

Mereka berasumsi, netizen yang mencari nama kota-kota tersebut karena mengalami kesusahan untuk mengucapkannya.

Baca Juga: Viral Momen Kocak Pengamen Tak Menyadari di Depan Tantri Kotak, Nyanyi Lagu "Pelan-Pelan Saja"

Berdasarkan penyaringan tersebut, WordTips mendapatkan daftar 10 nama kota yang paling sulit diucapkan. Tak hanya kota, mereka juga menemukan nama orang hingga merek.

"Delapan dari 10 nama kota tersulit (untuk diucapkan) terdapat lebih dari satu juta pendengar, kategori ini melampaui yang lain," tulis WordTips dalam situsnya.

Daftar 10 Nama Kota di Dunia yang Sulit Diucapkan Menurut WordTips

Kota yang paling sulit diucapkan di posisi paling atas adalah kota Rio de Janeiro. Cara pelafalan kota di Brasil tersebut dicari hingga 7 juta kali.

"Bahasa Portugis adalah bahasa yang sangat sulit untuk diucapkan dengan benar, terutama karena pengucapannya bervariasi di berbagai wilayah di Brasil," tutur WordTips.



Sumber : Kompas TV/Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.