Kompas TV entertainment selebriti

Gejala Ramsay Hunt Syndrome, Penyakit yang Bikin Wajah Justin Biber Lumpuh

Kompas.tv - 11 Juni 2022, 13:00 WIB
gejala-ramsay-hunt-syndrome-penyakit-yang-bikin-wajah-justin-biber-lumpuh
Justin Bieber alami Ramsay Hunt Syndrome yang membuatnya wajahnya lumpuh. (Sumber: Instagram/@justinbieber)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV - Justin Biber akan membatalkan semua konsernya selepas didiagnosa terjangkit Ramsay Hunt Syndrome.Apa itu Ramsay Hunt Syndrome dan bagaimana gejalanya?

Dilansir dari Mayo Clinic, Ramsay Hunt Syndrome merupakan penyakit kelumpuhan pada sekitar wajah yang disebabkan oleh virus. Diketahui virus itu serupa dengan penyebab cacar air. Selepas sembuh, virus tetap hidup di syaraf dan dapat kambuh kembali sewaktu-waktu.

Menurut keterangan di laman resmi rumah sakit Mount Sinai, gejala Ramsay Hunt Syndrome meliputi:

  • Nyeri hebat di telinga
  • Ruam yang menyakitkan pada gendang telinga, saluran telinga, daun telinga, lidah, dan atap mulut di samping dengan saraf yang terkena
  • Gangguan pendengaran di satu sisi
  • Sensasi (vertigo)
  • Kelemahan di satu sisi wajah yang menyebabkan kesulitan: menutup satu mata, makan, membuat ekspresi, dan membuat gerakan halus wajah, serta wajah terkulai dan kelumpuhan pada satu sisi wajah.

Musisi pop asal Kanada itu mengabarkan kondisinya via Instagram pribadi pada Sabtu (11/6/2022) dini hari.

"Virus inilah yang menyerang saraf di telinga dan saraf wajah saya dan telah menyebabkan wajah saya mengalami kelumpuhan," ungkap Biber dalam video itu. 

"Seperti yang Anda lihat, mata ini tidak berkedip. Aku tidak bisa tersenyum di sisi wajahku ini. Lubang hidung ini tidak akan bergerak," lanjut penembang Baby itu.

Biber mengungkapkan penyakit yang dialaminya cukup serius sehingga ia mesti istirahat total hingga pulih.

"Saya harap kalian mengerti dan saya akan menggunakan waktu hanya untuk beristirahat dan bersantai dan kembali ke [kondisi] 100 persen sehingga saya dapat melakukan hal-hal terkait untuk apa saya dilahirkan," terangnya.

Menilik kondisi terbarunya, belum ada kepastian terkait konser Justin Biber di Jakarta yang rencananya diheat pada November mendatang.



Sumber : Mayo Clinic/Mount Sinai

BERITA LAINNYA



Close Ads x