Kompas TV olahraga kompas sport

Resmi, Bali Jadi Tuan Rumah ANOC World Beach Games 2023

Jumat, 10 Juni 2022 | 16:30 WIB
resmi-bali-jadi-tuan-rumah-anoc-world-beach-games-2023
Ilustrasi wisata di Bali (Sumber: Booking.com)

Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Bali resmi terpilih menjadi tuan rumah untuk menggelar ajang multi-event bergengsi, ANOC World Beach Games 2023.

Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC) bersama Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) mengumumkan Bali sebagai tuan rumah ANOC World Beach Games yang berlangsung pada 5-15 Agustus tahun depan.

Pesta multicabang olahraga ini akan menjadi selebrasi olahraga pantai dan air.

Pada ajang ini ada 10 cabang olahraga yang akan dilombakan yaitu aquathlon, bola tangan pantai, sepak bola pantai, tenis pantai, voli pantai 4x4, polo air pantai, gulat pantai, karate disiplin kata perorangan, selancar layang, serta renang perairan terbuka 5km.

Ketua Interim ANOC Robin Mitchell turut senang atas terpilihnya Bali menjadi tuan rumah ANOC World Beach Games 2023.

Baca Juga: Bungkam Pram/Yere, Fajar/Rian Menangkan "Derby Cipayung" di Indonesia Masters 2022

“Kami dengan gembira mengumumkan Bali sebagai tuan rumah edisi kedua ANOC World Beach Games. Bali memiliki beberapa pantai terindah di dunia yang akan menjadi latar arena kompetisi spektakuler olahraga berlangsung pada 2023," kata Mitchell, dikutip dari BolaSport, Jumat (10/6/2022).

"Kami berterima kasih kepada pemerintah Indonesia dan Komite Olimpiade Indonesia atas kemitraaan serta kerja samanya. Kami berharap untuk bekerja sama dengan mereka selama 15 bulan ke depan untuk menghadirkan pesta multicabang olahraga tak terlupakan," lanjut Mitchell.

Selain menjadi tuan rumah ANOC World Beach Games, Pulau Dewata juga akan menjadi tuan rumah ANOC General Assembly ke-XXVII pada 13-15 Agustus 2023.

Sementara itu, Ketua Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari berharap ajang tersebut mampu mempromosikan wisata Indonesia ke seluruh dunia

“Kami bangga dapat mendorong dan mempromosikan Indonesia di kancah dunia. Ini akan menjadi bagian dari sejarah kebangkitan olahraga Indonesia," kata Raja Sapta.

Baca Juga: Indonesia Masters 2022: Atlet Ganda Campuran Malaysia Keracunan dan Angkat Koper dari Turnamen

"Kami memanfaatkan investasi yang kami punya di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang dan memastikan warisan pengembangan olahraga ini dapat berkelanjutan di seluruh Tanah Air," ujarnya.

Ajang ANOC World Beach juga menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan yang dimasukkan ke dalam konsep pertandingan, komunikasi, dan komunitas inisiatif.

Tanpa jejak permanen, ANOC World Beach Games 2023 Bali akan meminimalisasi dampak terhadap lingkungan serta meninggalkan warisan positif bagi masyarakat setempat.

Ini bukan kali pertama kalinya bagi Bali menggelar ajang pesta olahraga pantai. Sebelumnya Bali berhasil menjadi tuan rumah Asian Beach Games edisi pertama pada 2008 dan telah memiliki infrastruktur yang diperlukan yang selaras dengan etos keberlanjutan ANOC.

ANOC bersemangat untuk membangun kesuksesan yang telah terjadi selama enam hari penyelenggaraan ANOC World Beach Games 2019 Doha, di mana telah menampilkan kompetisi fantastis pada 13 cabang olahraga yang sangat menarik dan berfokus kepada kaum muda.

Baca Juga: Selain Pengendali Banjir, Bendung Gerak KKB juga Berfungsi sebagai Sarana Olahraga Air


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x