Kompas TV regional berita daerah

Dari Sampah Bisa Menabung, Bayar BPJS Hingga Pajak Kendaraan

Kompas.tv - 10 Juni 2022, 15:11 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

KARAWANG, KOMPAS.TV - Bank sampah latanza di Cikampek Karawang, menjadi tempat atau wadah untuk mengubah sampah rumah tangga yang awalnya dianggap tidak bermanfaat bahkan menjijikan, menjadi barang yang menjanjikan. Karena dari sampah-sampah rumah tangga, ditangan seorang istri polisi sampah dirubah menjadi barang-barang bernilai ekonomi. 

Nasabah bank sampah adalah warga mayoritas ibu rumah tangga. Metode atau teknis pengumpulan sampah-sampah rumah tangga yang kemudian ditampung di sekitar rumah pengelola sampah. Pengelola telah bekerja sama dengan sejumlah bank swasta dan membuka rekening bagi ratusan ibu rumah tangga, di wilayah Cikampek dan sekitarnya. 

Saldo akan masuk secara otomatis ke rekening nasabah ibu rumah tangga yang menyetorkan sampah-sampahnya ke bank sampah latanza. Selain bisa untuk menabung, dari sampah warga juga bisa untuk membayar iuran BPJS, bahkan membayar pajak kendaraan serta bingkisan lebaran. 

Sampah-sampah rumah tangga yang ditampung di bank sampah latanza oleh pengelola didaur ulang, dibuat barang-barang bernilai ekonomis, seperti tas belanja atau goody bag, kursi, hiasan rumah seperti bunga pot bunga, bahkan miniatur sepeda motor dan relif dengan nilai ekonomi tinggi.

 

Untuk lebih tahu berita terupdate seputar Jawa Barat, bisa klik link di bawah .

IG:https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube:https://www.youtube.com/c/kompastvjaw...

Twitter:https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook:https://www.Facebook.com/kompastvjabar/



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x