Kompas TV nasional berita utama

Menkes Akui Ada Kenaikan Jumlah Kasus Covid-19, Tapi Bukan Lonjakan

Kompas.tv - 10 Juni 2022, 15:53 WIB
menkes-akui-ada-kenaikan-jumlah-kasus-covid-19-tapi-bukan-lonjakan
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin. (Sumber: Kompas.TV/Ant)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS. TV – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan soal peningkatan kasus Covid-19 yang terjadi dalam beberapa hari terakhir. Menurutnya, kenaikan kasus Covid-19 tersebut tergolong normal.

“Kenaikan itu pertama normal, setiap hari raya besar pasti ada kenaikan kemudian,” ujar Budi dalam pernyataannya, Jumat (10/6/2022).

Seperti diketahui pada libur hari raya Idul Fitri lalu, terjadi pergerakan jutaan orang.

Baca Juga: Menkes Sebut 4 Kasus Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 Terdeteksi di Bali, Warga Diminta Tak Panik

Menurut Budi, memang biasanya kenaikan kasus akan terjadi antara 27 sampai 35 hari sesudah hari raya besar. Dia mencontohkan kenaikan kasus yang pernah terjadi sesudah Natal dan Idul Fitri.

Karena itu, menurut dia, wajar jika terjadi kenaikan kasus Covid-19 saat ini. Hanya saja, tambah Menkes, jika dibandingkan kenaikan kasus sebelumnya, kenaikan jumlah kasus pasca Idul Fitri tahun ini tidak terlalu mengkhawatirkan.

“Dan kita lihat kecepatannya, kita lihat dibandingkan Lebaran tahun lalu dan liburan tahun baru yang kemarin, laju kenaikannya tuh masih jauh lebih rendah,” tukasnya.

Baca Juga: Jokowi Pastikan Kenaikan Kasus Covid-19 di Indonesia Masih Terkendali

Karena itu, dia meminta masyarakat tidak perlu terlalu khawatir karena kenaikan kasus masih tergolong rendah.

Tetapi dia meminta masyarakat untuk tetap selalu waspada, dan mematuhi protokol kesehatan, seperti menggunakan masker jika berada di dalam ruangan.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 BUMN Masuki Uji Klinis Tahap 3, Erick Thohir Buka Kemungkinan Bisa Ekspor

Selain itu, Budi meminta masyarakat untuk segera mendapatkan vaksinasi dan vaksin booster bagi yang telah mendapatkan dua dosis vaksin.

“Jadi yang penting waspada tapi jangan kemudian berlebihan juga paniknya. Apa yang mesti dilakukan itu tadi dua. Yang pertama, booster-nya dipercepat. Yang kedua, yang penting adalah protokol kesehatannya,” tuturnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.