Kompas TV nasional rumah pemilu

Nasdem Belum Tertarik Gabung ke Koalisi Semut Merah

Kompas.tv - 10 Juni 2022, 14:20 WIB
nasdem-belum-tertarik-gabung-ke-koalisi-semut-merah
Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya (Sumber: dpr.go.id)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Partai Nasdem belum tertarik untuk bergabung dengan Koalisi Semut Merah yang dibentuk PKB dan PKS untuk menyongsong Pilpres 2024. Hal itu diungkapkan Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya. 

Ia menyatakan, partai besutan Surya Paloh itu kini sedang fokus menyiapkan kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang akan berlangsung pada 15-17 Juni 2022 mendatang. 

"Nasdem sejauh ini masih fokus pada Rakernas untuk mengumuman 3 nama, setelah itu baru kita akan membahas koalisi," kata Willy kepada wartawan, Jumat (10/6/2022). 

Baca Juga: PKB-PKS Ajak Demokrat dan Nasdem Bergabung ke Koalisi "Semut Merah"

Ia menjelaskan, pihaknya akan mulai merancang koalisi untuk menyongsong pesta demokrasi pada 2024 setelah Rakernas selesai. 

"Nasdem sendiri belum memutuskan akan membangun koalisi dengan partai mana. Nanti pasca Rakernas yang akan digelar pertengahan bulan ini mungkin akan ditentukan dengan siapa kita akan membangun koalisi," ujarnya. 

Meski begitu, dirinya menghargai sikap PKB-PKS yang sudah mulai membangun Koalisi Semut Merah. 

"Yang penting sebuah koalisi dibangun bukan karena kelatahan atau reaktif saja. Akan lebih bagus jika sebuah koalisi dibangun atas dasar pemikiran atau kepentingan yang lebih strategis," ujarnya. 

Sebelumnya, Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi mengatakan, pihaknya bersama PKB akan membuka komunikasi dengan Partai Demokrat dan Nasdem untuk menggaet mereka bergabung ke dalam Koalisi Semut Merah. 

Diketahui, koalisi PKB dan PKS masih belum memenuhi persyaratan untuk dapat mengusung capres-cawapres di Pilpres 2024.

Sebab, kedua partai politik (parpol) itu tak memenuhi persyaratan ambang batas untuk dapat mengusung capres atau presidential threshold sebesar 20 persen atau 115 kursi parlemen. 

Baca Juga: PKB-PKS Ajak Demokrat dan Nasdem Bergabung ke Koalisi "Semut Merah"

Jumlah total kursi PKB dan PKS sebanyak 108 kursi dengan perincian 58 kursi PKB dan 50 kursi PKS. Artinya, masih kurang 7 kursi untuk bisa mencalonkan capres-cawapres di pesta demokrasi. 

"Artinya tinggal satu partai politik (untuk bergabung dalam koalisi). Ya kita lihat semoga berjalan panjang umur dan bisa bertahan. Kita siap dengan Demokrat, kita siap dengan Nasdem, kita siap dengan yang lain, enggak masalah," kata Habib Aboe kepada wartawan, Kamis (9/6/2022). 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x