Kompas TV internasional kompas dunia

Kim Jong-Un Diancam Politisi AS, Bakal Dilenyapkan jika Terus Lakukan Uji Coba Rudal

Kompas.tv - 10 Juni 2022, 14:04 WIB
kim-jong-un-diancam-politisi-as-bakal-dilenyapkan-jika-terus-lakukan-uji-coba-rudal
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un diancam akan dilenyapkan jika tak hentikan uji coba rudal. (Sumber: Korean Central News Agency/Korea News Service via AP, File)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Desy Afrianti

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un secara mengejutkan diancam oleh politisi Amerika Serikat (AS) jika terus lakukan uji coba rudal.

Mantan senator Oklahoma dari Partai Republik, Steve Russell menegaskan bahwa uji coba rudal yang terus dilakukan Kim Jong-un bakal membuatnya dilenyapkan.

“Jika ia terus melakukannya dan salah perhitungan, di mana ia menyerang wilayah Amerika Serikat, atau wilayah dari kepentingan nasional sekutu kami dan diri kami sendiri, ia akan mati. Sesederhana itu,” ujar Russell kepada The Hill dilansir dari Express, Jumat (10/6/2022).

Baca Juga: Erdogan Masih Ingin Berkuasa di Turki, Akan Ikut Pemilihan Presiden 2023

“Diktator memiliki satu kesamaan, mereka ingin tetap hidup. Jika Kim Jong-un ingin tetap hidup, ia harus berhenti,” ujarnya.

Kim Jong-un memang membuat Korea Selatan dan Jepang, yang merupakan sekutu AS ketar-ketir dengan uji rudal yang dilakukannya.

Pada tahun ini saja, Korea Utara telah melakukan 18 uji coba nuklir, yang berbuah kecaman dari AS dan sekutunya.

Hal itu menimbulkan kekhawatiran bahwa Kim Jong-un tengah meningkatkan program senjata nuklirnya.

Russel yang merupakan mantan tentara AS memastikan ancaman itu pasti akan terjadi jika melihat pengalamannya di militer dan urusan luar negeri.

Baca Juga: Balas Uji Coba Rudal Korea Utara, Korea Selatan dan AS Lakukan Demonstrasi Siap Serang Kim Jong-Un

“Ia (Kim Jong-un) memainkan permainan berbahaya, di mana bukan hanya dirinya yang dilenyapkan, tetapi orang lain juga akan menderita dengan hebat,” tuturnya.

Presiden AS, Joe Biden sendiri sempat mengungkapkan dirinya dan Korea Selatan telah bersiap atas apa pun yang bakal dilakukan Kim Jong-un.

Mantan Presiden AS, Donald Trump juga telah berusaha membuat Kim Jong-un untuk mengurangi program nuklirnya, tetapi tampaknya hal itu tak berhasil.



Sumber : Express

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.