Kompas TV nasional sosial

Adik Ridwan Kamil di Swiss: Saat ini Jenazah Almarhum Eril Sedang Disucikan dan Dikafani

Kompas.tv - 9 Juni 2022, 22:59 WIB
adik-ridwan-kamil-di-swiss-saat-ini-jenazah-almarhum-eril-sedang-disucikan-dan-dikafani
Adik Ridwan Kamil yang menjadi juru bicara keluarga, Elpi Nazmuzzaman (kanan) bersama Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Swiss dan Liechtenstein, Muliaman Dharmansyah Hadad memberikan keterangan terkait ditemukannya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang hanyut di Sungai Aare pada Kamis 26 Mei 2022. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Keluarga Ridwan Kamil yang berada di Swiss saat ini sedang menyempurnakan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz sebagai muslim sesuai dengan syariat Islam.

Adik Ridwan Kamil yang menjadi juru bicara keluarga, Elpi Nazmuzzaman menjelaskan jenazah Eril kini sedang disucikan dan dikafani sesuai syariat Islam sejauh yang dimungkinkan dan tetap menjaga kehormatan kondisi almarhum.

Setelah itu almarhum akan disalatkan dan diantarkan untuk dimakamkan di tanah air.

Untuk waktu tiba di Indonesia, Elpi belum bisa memastikan. Pihaknya berharap rombongan keluarga beserta jenazah almarhum Eril dapat tiba di Indonesia pada Sabtu (11/6/2022) atau Minggu (12/5/2022).  

Baca Juga: Bendungan Engehalde Swiss, Lokasi Penemuan Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz

"Kami belum bisa memastikan kapan tiba di Indonesia, tetapi pada dasarnya kami akan lakukan secapat-cepatnya sejauh yang memungkinkan tergantung kondisi dan situasi serta sumber daya yang mendukung. Harapan kami bisa tiba di Indonesia setidak-tidaknya Sabtu atau hari Ahad," ujar saat konferensi pers yang digelar KBRI Bern secara virtual, Kamis (9/6/2022).

Sebagai perwakilan keluarga, Elpi menyatakan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu pencarian Eril hingga ditemukan. 

Juga kepada Kemlu serta KBRI Bern di Swiss yang tidak henti-hentinya melaksanakan fungsi perlindungan warga negara Indonesia, para rekan sejawat Ridwan Kamil di Eropa dan diaspora yang ada di Swiss. 

"Kami merasa tidak sendirian, dan negara hadir melindungi warga negara Indonesia di mana pun," ujar Eril.

Baca Juga: [FULL] Kronologi Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz Ditemukan di Bern

Di kesempatan yang sama Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Swiss dan Liechtenstein, Muliaman Dharmansyah Hadad memastikan KBRI akan terus mengawal kepulangan jenazah Eril hingga tiba di tanah air. 

Muliaman menjelaskan saat ini pihaknya sedang mengurus proses repatriasi jenazah ananda Eril ke Indonesia. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x