Kompas TV nasional politik

PBNU Sebut Ketua Panitia Majelis Sang Presiden yang Dukung Anies Tidak Wakili NU

Kompas.tv - 9 Juni 2022, 21:15 WIB
pbnu-sebut-ketua-panitia-majelis-sang-presiden-yang-dukung-anies-tidak-wakili-nu
Sejumlah orang mengatasnamakan FPI Reborn mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan pada Pilpres 2024 di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Senin, 6 Juni 2022. (Sumber: Twitter @GunRomli)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Ahmad Fahrurozi atau Gus Fahrur menegaskan bahwa Ketua Panitia Majelis Sang Presiden Amsori yang mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres 2024 di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (8/6/2022) kemarin tidak mewakili organisasi NU.

Gus Fahrur menjelaskan, Amsori memang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua LPBH PBNU 2015-2020 era KH. Said Aqil.

"Bukan ketua tapi waket (Wakil Ketua LPBH), dan sekarang sudah tidak menjabat lagi," kata Gus Fahrur kepada awak media, Kamis (9/6/22). 

Baca Juga: Wagub DKI Jakarta Soal Bendera HTI Berkibar saat Deklarasi Anies Capres

Saat ini, lanjutnya, Amsori sudah tidak lagi menjadi bagian dari kepengurusan PBNU Yahya Cholil Staquf.

Menurut Gus Fahrur, Amsori juga tidak terlalu aktif saat masih menjabat. Ia menegaskan saat ini Amsori bukan termasuk kader NU.

Sebab, menurutnya, kader adalah orang yang berada dalam suatu organisasi yang mempunyai tugas untuk mewujudkan visi dan misi suatu organisasi.

"Waktu kepengurusan kemarin juga tidak aktif. Berarti bukan kader lagi," tuturnya.

Baca Juga: Survei Poltracking soal Capres 2024: Elektabilitas Ganjar Tertinggi, Disusul Prabowo dan Anies

Sebelumnya, Kelompok Majelis Sang Presiden mendeklarasikan dukungan terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk maju pada Pilpres 2024.

"Insya Allah dengan deklarasi ini kami memberikan landasan untuk Pak Anies maju Pilpres, kami berharap umat islam mengusung Pak Anies untuk periode 2024 29 nanti," kata anggota Majelis Sang Presiden Alif Akbar usai acara deklarasi di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu, 7 Juni 2022.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x