Kompas TV nasional peristiwa

Kemlu: Ada Progres Pencarian Eril, Tunggu Konfirmasi Kepolisian Bern

Kompas.tv - 9 Juni 2022, 16:15 WIB
kemlu-ada-progres-pencarian-eril-tunggu-konfirmasi-kepolisian-bern
Ridwan Kamil dan Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. (Sumber: Tribunnews.com/Instagram emmerilkahn)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS. TV – Kementerian Luar Negeri mengonfirmasi telah ada perkembangan terkait pencarian Eril Kahn Mumtadz, putra sulung Gubernur Ridwan Kamil yang hilang di sungai Aare, bern Swiss.

Hal itu disampaikan Direktur Perlindungan Warga Negara  Indonesia Judha Nugraha dalam keterangannya dalam konfrensi pers daring, Kamis (9/6/2022).

“Terkait dengan progres penemuan Eril di Bern, memang ada progres,” ujar Judha Nugraha.

Baca Juga: AHY Sempat Bisikkan Pesan Haru pada Ridwan Kamil soal Eril Saat Takziah, Ini Katanya..

Namun Judha tidak menyampaikan secara riinci perkembangan apa yang dimaksud. Dia menyatakan pihak KBRI masih menunggu informasi lengkap dari kepolisian di Bern, Swiss.

“Saat ini KBRI masih menunggu konfirmasi dan informasi detail dari kepolisian Bern,” ujarnya.

Yang jelas, kata Judha, jika ada informasi yang lebih lengkap, maka pihak keluarga dan juga pihak KBRI di Bern, akan menyampaikan secara resmi kepada publik.

Baca Juga: Ridwan Kamil Kembali Terbang ke Swiss, Ada Apa?

Hingga Rabu (8/6/2022) kemarin, pencarian Emmeril Khan Mumtadz, anak sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, sudah memasuki hari ketiga belas.

Eril, sapaan akrab Emmeril hanyut di Sungai Aare, di Kota Bern, Swiss pada Kamis (26/5) siang waktu setempat.

Pada Kamis (2/6), Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menyatakan bahwa Interpol telah menerbitkan atau merilis Yellow Notice dalam upaya pencarian Erildi Sungai Aare, Swiss.

Baca Juga: Rangkuman Pencarian Eril, Putra Ridwan Kamil sejak Hari Pertama hingga Ketigabelas

"Ya betul, Interpol sudah merilis Yellow Notice Eril," kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Jakarta, Kamis (2/6).

Dengan penerbitan Yellow Notice tersebut, kata dia, seluruh negara yang menjadi anggota Interpol telah menerima informasi kehilangan Emmeril.

Ia menambahkan, langkah penerbitan Yellow Notice yang diajukan oleh pihaknya ini merupakan langkah pro-aktif dari Polri untuk ikut membantu pencarian putra dari Ridwal Kamil tersebut.

"Polri berkerja sama dengan Interpol, kepolisian Swiss dan KBRI setempat terus memantau secara aktif perkembangan di lapangan," ucapnya.

Sebelumnya, Interpol menerbitkan Yellow Notice Emmeril Kahn Mumtadz pada 1 Juni 2022, dengan status sebagai orang hilang. Eril dilaporkan hilang setelah terseret arus di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss, pada hari Kamis (26/5) pukul 11.24 waktu setempat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x