Kompas TV internasional kompas dunia

Warga AS Terinfeksi Cacar Monyet Kabur dari Rumah Sakit di Guadalajara Meksiko

Kompas.tv - 9 Juni 2022, 11:40 WIB
warga-as-terinfeksi-cacar-monyet-kabur-dari-rumah-sakit-di-guadalajara-meksiko
Seorang warga negara Amerika Serikat yang dirawat karena positif terinfeksi cacar monyet melarikan diri dari sebuah rumah sakit di Guadalajara Meksiko. (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

GUADALAJARA, KOMPAS.TV - Seorang warga negara Amerika Serikat yang dirawat karena positif terinfeksi cacar monyet melarikan diri dari sebuah rumah sakit di Guadalajara Meksiko dan pulang ke AS, kata otoritas kesehatan setempat hari Rabu (8/6/2022) seperti laporan Straits Times, Kamis, (9/6/2022)

Pria berusia 48 tahun, yang berasal dari Texas, melarikan diri dari rumah sakit di Puerto Vallarta di pantai Pasifik Meksiko akhir pekan lalu meskipun telah diberitahu oleh staf medis bahwa ia harus menjalani pengujian lanjutan infeksi cacar monyet dan menjalani isolasi, kata departemen kesehatan negara bagian dalam sebuah pernyataan.

Ketika dia tiba di rumah sakit, pasien memiliki gejala "batuk, kedinginan, nyeri otot dan lesi seperti pustula di wajah, leher, dan batang tubuhnya," kata badan tersebut.

Setelah melarikan diri dari fasilitas medis, orang Texas itu kemudian pergi ke hotel tempat dia menginap bersama rekannya dan mengejar penerbangan dari Puerto Vallarta pada 4 Juni, sebelum pihak berwenang dapat menemukannya.

Baca Juga: Cegah Cacar Monyet Masuk Indonesia, Begini Saran dari Profesor UGM

Seorang warga negara Amerika Serikat yang dirawat karena positif terinfeksi cacar monyet melarikan diri dari sebuah rumah sakit di Guadalajara Meksiko. (Sumber: WHO)

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit CDC memastikan kepada pihak berwenang Meksiko hari Senin bahwa pasien telah kembali ke Amerika Serikat di mana tes mengkonfirmasi dia menderita cacar monyet.

Sebelum tiba di Puerto Vallarta pada 27 Mei, orang tersebut berada di Berlin, Jerman, antara 12 dan 16 Mei, dan kemudian di Dallas, Texas.

Selama tinggal di Meksiko, ia menghadiri pesta di Mantamar Beach Club di kota resor Jalisco.

Pejabat kesehatan mendesak siapa pun yang menghadiri klub antara 27 Mei dan 4 Juni untuk memantau kesehatan mereka.

Organisasi Kesehatan Dunia WHO mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka mengetahui lebih dari 1.000 kasus cacar monyet di negara-negara di mana penyakit ini tidak endemik.



Sumber : Kompas TV/Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x