Kompas TV bisnis perbankan

Waspada Penipuan Berkedok Program BCA Prioritas, Korban Bisa Rugi Ratusan Juta Rupiah

Kompas.tv - 9 Juni 2022, 10:55 WIB
waspada-penipuan-berkedok-program-bca-prioritas-korban-bisa-rugi-ratusan-juta-rupiah
Tangkapan layar penipuan berkedok iklan upgrade program BCA Prioritas. (Sumber: Twitwar @tgrsnts)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Manajemen Bank BCA mengingatkan nasabah untuk mewaspadai penipuan berkedok program upgrade menjadi nasabah BCA Prioritas.

Direktur BCA Haryanto T. Budiman mengatakan, ada juga penipuan dengan modus menawarkan pendaftaran kartu kredit BCA atau ganti ke kartu chip.

“Kami mencermati bahwa belakangan ini cybercrime sering terdengar seiring semakin pesatnya perkembangan digital,” kata Haryanto dalam siaran pers yang dikutip Kamis, (9/6/2022).

Menurut Haryanto, modus penipuan yang sering terjadi adalah munculnya iklan di media sosial dan meminta data pribadi, seperti nomor kartu kredit, personal identification number (PIN), dan one-time password (OTP).

Baca Juga: 3 Bulan Pertama Tahun 2022, BCA Sudah Cuan Rp8,1 Triliun

Ia mengingatkan nasabah untuk tidak pernah memberikan data pribadi kepada siapa pun. "Jangan pernah memberikan data pribadi Anda kepada siapapun,” ujarnya.

Ia menjelaskan, biasanya nasabah akan mendapat telepon atau WhatsApp dari nomor yang mengatasnamakan BCA dan menawarkan untuk upgrade ke BCA Solitaire dan Prioritas, apply kartu kredit BCA atau ganti ke kartu chip.

Atau, bisa juga saat nasabah sedang membuka Instagram, nasabah mendapat iklan di Instagram Palsu yang seolah-olah dari akun resmi BCA dan menawarkan untuk upgrade ke BCA Solitaire dan Prioritas, apply kartu kredit BCA atau ganti ke kartu chip.

Pada kesempatan yang sama, EVP Individual Customer Business Development BCA Adrianus Wagimin menegaskan, program BCA Solitaire dan Prioritas merupakan keanggotan bersifat eksklusif dan undangan.

Baca Juga: BCA Masuk Bank Terbaik Dunia Versi Forbes, Ini Kata Dirutnya

“Oleh sebab itu, menjadi nasabah BCA Solitaire dan Prioritas, tidak hanya berdasarkan nominal deposito atau tabungan nasabah di BCA,” ucap Adrianus.

Pihak BCA pun mengingatkan agar nasabah selalu waspada terhadap penipuan, dengan memperhatikan sejumlah hal berikut.

Pertama, nomor telepon Halo BCA adalah 1500888 tanpa awalan 021 atau +62. Sedangkan nomor resmi WhatsApp bank BCA adalah 08111500998 dengan centang hijau. 



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.