Kompas TV internasional kompas dunia

Terungkap, Menteri Lingkungan Hidup Republik Dominika Dibunuh Karena Tidak Memberi Izin Lingkungan

Kompas.tv - 9 Juni 2022, 07:50 WIB
terungkap-menteri-lingkungan-hidup-republik-dominika-dibunuh-karena-tidak-memberi-izin-lingkungan
Menteri Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Republik Dominika Orlando Jorge Mera berpose untuk foto publisitas di Santo Domingo, Republik Dominika, 18 Mei 2022. Mera ditembak dan dibunuh di kantornya pada Senin, 6 Juni 2022 (Sumber: Alexander Arias/Diario Libre via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

SANTO DOMINGO, KOMPAS.TV — Aparat penegak hukum Republik Dominika di Amerika Selatan hari Rabu, (8/6/2022) mengungkap, menteri lingkungan hidup dan sumber daya alam mereka ditembak mati di ruang kerjanya minggu ini diduga karena menolak memberi izin lingkungan yang diinginkan pelaku atas nama berbagai perusahaan, seperti laporan The Associated Press, Kamis, (9/6/2022).

Salah satu izin yang ditolak menteri lingkungan hidup Dominika Orlando Jorge ternyata diajukan teman lamanya yang sekarang tersangka, Fausto Miguel de Jesús Cruz de la Mota, yang bekerja sebagai makelar izin berbagai perusahaan dan kementerian.

Izin khusus itu melibatkan permintaan untuk mengekspor 5.000 ton atau 4.500 metrik ton baterai bekas, menurut dokumen yang diperoleh The Associated Press.

Pengajuan izin tersebut dan izin lainnya ditemukan di dalam tas kerja yang dibawa tersangka saat sang almarhum menteri, yang merupakan putra mantan presiden, ditembak enam kali di kantornya hari Senin, (6/6/2022) kata dokumen itu.

Pihak berwenang menulis tersangka terganggu oleh izin khusus itu, "(Pengajuan izin) itu telah ditolak, tetapi mereka telah mengajukan ulang."

Mereka menggambarkan tersangka pelaku, Cruz, sebagai "pembunuh berdarah dingin yang penuh perhitungan" dan sedang menghadapi satu tahun penjara pencegahan saat penyelidikan berlanjut.

Baca Juga: Menteri Lingkungan Hidup Republik Dominika Dibunuh Teman di Kantornya Sendiri

Menteri Lingkungan Hidup Republik Dominika Orlando Jorge Mera Maret 2004. Aparat penegak hukum Republik Dominika di Amerika Selatan hari Rabu, (8/6/2022) mengungkap, menteri lingkungan hidup mereka ditembak mati di ruang kerjanya minggu ini diduga karena menolak memberi izin lingkungan yang diinginkan pelaku atas nama berbagai perusahaan (Sumber: Walter Astrada/Associated Press)

Belum jelas apakah Cruz memiliki seorang pengacara.

Tak lama setelah pembunuhan, polisi menangkap Cruz di sebuah gereja yang berjarak puluhan blok setelah memberi tahu seorang pendeta bahwa dia melakukan kejahatan dan menyerahkan pistol kepadanya.



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x