Kompas TV nasional politik

Ini 3 Sosok Capres Terkuat yang Sedang Digodok Koalisi Indonesia Bersatu

Kompas.tv - 9 Juni 2022, 07:38 WIB
ini-3-sosok-capres-terkuat-yang-sedang-digodok-koalisi-indonesia-bersatu
Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum Partai Golkar Airlanggar Hartarto, Ketum PPP Suharso Monoarfa berfoto bersama di Silaturahmi Nasional KIB, di Jakarta, Sabtu (4/6/2022) (Sumber: KompasTv/Iman Firdaus)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani membeberkan tiga nama terkuat yang saat ini digadang-gadang akan menjadi capres dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pada gelaran Pilpres 2024 mendatang. 

Ia menyebut, ketiga tokoh itu ialah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto; Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan; dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa. 

Baca Juga: Projo Hadiri Silaturahmi Koalisi Indonesia Bersatu, Ini Tanggapan Politikus PDIP

"Nama yang terkuatnya tiga ketua umum partai itu. Pak Airlangga, Pak Zul, sama Pak Harso. Salah satu jadi capres, yang duanya jadi cawapres, dan ketua tim pemenangan, begitu saja," kata Arsul kepada wartawan, Kamis (9/6/2022). 

Meski begitu, pihaknya tetap masih akan menjaring nama-nama yang dinilai berpotensi memenangkan Pilpres 2024 bila diusung menjadi capres. 

"Bisa ada di dalam Koalisi Indonesia Bersatu, bisa juga dari luar. Jadi tidak bisa orang itu belum masuk ke partai politik, nah langsung dari capres atau cawapres. Itu semangat yang ada dari partai-partai," ujarnya. 

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan, pihaknya akan menyodorkan nama Ketua Umum Airlangga Hartarto ke Koalisi Indonesia Bersatu sebagai salah satu usulan calon presiden (Capres) dari partai berlambang pohon beringin tersebut.  

Ia menilai kedua partai politik (parpol) lainnya, yaitu PPP dan pan akan memaklumi usulan dari Partai Golkar tersebut. 

"Pak Zul (Ketum PAN Zulkifli Hasan) dan Pak Suharso (Ketum PPP Suharso Monoarfa) tahu bahwa Golkar capres-nya adalah Pak Airlangga Hartarto," kata Doli kepada wartawan, Jumat (3/6/2022). 

Baca Juga: Golkar Sodorkan Nama Airlangga Jadi Capres di Koalisi Indonesia Bersatu

Menurut dia, Partai Golkar mengusulkan Airlangga sebagai capres merupakan amanat dari hasil Musyawarah Nasional (Munas) 2019 lalu. 

"Di Maret 2021 kami sudah putuskan bahwa capres kami adalah Pak Airlangga, kenapa? karena dia (Airlangga) adalah kader terbaik kami, nah dan itu saya kira semuanya sudah tahu," ujarnya. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x