Kompas TV regional berita daerah

Cegah PMK Di Sorong Lalulintas Ternak Dari Daerah Zona Merah Diperketat

Kompas.tv - 8 Juni 2022, 19:13 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Untuk mencegah masuknya penyakit mulut dan kuku (PMK) di wilayah Papua Barat yang merupakan zona hijau, badan karantina pertanian telah mengeluarkan edaran pembatasan pengiriman daging dari daerah yang zona merah pmk salah satunya Surabaya.

Kebijakan ini sudah mulai berlaku sejak akhir Mei lalu, hingga saat ini karantina pertanian Sorong terus lakukan pengawasan kapal yang masuk ke Sorong, mengantisipasi masuknya perdagangan daging yang tidak bersertifikat bebas PMK.

Kepala kantor karantina pertanian Sorong mengatakan setiap ternak yang masuk di Sorong harus memiliki kelengkapan dokumen bebas PMK, setelah itu akan dikarantina selama 7 hari barulah dinyatakan bebas PMK.

Untuk mencegah agar tidak terjadinya penyebaran PMK, kantor karantina pertanian Sorong, akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk melakukan pengawasan.

Hingga saat ini 275 ternak sapi yang masuk di Sorong sebelumnya sudah melewati tahap karantina dan dinyatakan bebas PMK. Ternak tersebut sudah dibebaskan dan diserahkan kepada pemiliknya.

#SorongPapuaBarat #HewanTernak #PenyakitMulutDanKuku



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x