Kompas TV nasional peristiwa

Menkominfo Ajak Masyarakat Berjuang Ciptakan Kedaulatan Digital: Jangan Sampai Terbentuk Koloni Baru

Kompas.tv - 8 Juni 2022, 16:34 WIB
menkominfo-ajak-masyarakat-berjuang-ciptakan-kedaulatan-digital-jangan-sampai-terbentuk-koloni-baru
Menkominfo Johnny G. Plate saat memberikan sambutan dalam Peringatan HUT ke-27 Telkomsel di The Ritz-Carlton Pasific Place, Jakarta Selatan, Selasa (07/06/2022). (Sumber: ANTARA/Kementerian Kominfo)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengajak masyarakat memanfaatkan teknologi internet untuk kepentingan bersama.

Menurut dia, hal tersebut penting demi mendukung terwujudnya kedaulatan digital bagi bangsa Indonesia.

Baca Juga: Sering Melihat di Rumah Sakit, Apa Bedanya ICU dan PICU?

“Kini kita memasuki perjuangan kedaulatan tahap ketiga, kedaulatan digital. Tugas kita jangan sampai terbentuk koloni-koloni digital baru," kata Johnny di Jakarta seperti dikutip dari Antara pada Rabu (8/6/2022).

"Tugas kita untuk memastikan digital space for the benefit off all. Tugas kita untuk memastikan kita berdaulat secara digital demi faedah dan manfaat seluruh anak bangsa," katanya.

Namun, sebelum mencapai kedaulatan digital, Johnny mengatakan, Indonesia sebelumnya sudah memasuki dua fase kedaulatan.

Fase pertama, kata dia, yaitu kedaulatan negara saat proklamasi kemerdekaan berlangsung. Kemudian, fase kedua saat memperjuangkan kedaulatan maritim.

Baca Juga: Keren! Mahasiswa IT Telkom Surabaya Rancang Truk Tenaga Listrik

Menurut Johnny, kedaulatan digital sebagai fase ketiga menjadi hal yang patut dijaga, agar akses dan pemanfaatannya dapat dirasakan oleh banyak pihak.

Karena itu, ia mengajak semua ekosistem yang ada untuk merefleksikan fase perjuangan para pendiri bangsa, yaitu Soekarno hingga Mohammad Hatta.

Terutama, ketika mereka melawan koloni dan bangsa asing untuk memproklamasikan kedaulatan politik Indonesia.

“Melalui perjuangan darah dan nyawa, perih pedih. Kini kita semua mempunyai tugas mengisinya untuk mencapai cita-cita bernegara,” ujarnya.

Baca Juga: Program Minyak Goreng Curah Rakyat Berbasis Digital, Mendag Beber Alur Pendistribusiannya

Menurut Johnny, kedaulatan digital sama pentingnya seperti memperjuangkan kedaulatan negara di masa proklamasi kemerdekaan.

Johnny menyebut, kedaulatan digital perlu diperjuangkan untuk mempertahankan akses yang merata ke seluruh masyarakat, sehingga bisa dimanfaatkan dengan bijak dan maksimal.

Johnny pun mengapresiasi salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Telkom Group yang telah membantu kedaulatan digital di Indonesia.

Lewat berbagai penyediaan akses layanan komunikasi hingga kolaborasi dengan pemerintah, terutama ketika pandemi COVID-19, Indonesia akhirnya bisa memberi akses teknologi kepada masyarakat dengan lebih baik.

Baca Juga: Bank Digital Tawarkan Bunga Simpanan Tinggi, Hati-Hati Tak Dijamin LPS

"Terima kasih kepada Telkom Group, di mana masyarakat yang tidak mempunyai kesempatan untuk berjumpa secara fisik untuk melakukan aktifitas karena pandemi COVID-19, sangat terbantu dengan kehadiran teknologi digital dan kehadiran peran serta Telkom Group. Sekali lagi, terima kasih untuk itu,” katanya.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x