Kompas TV regional agama

Satu dari 9 Calhaj Embarkasi Solo Terbang ke Tanah Suci, Setelah Sempat Dinyatakan Positif Corona

Kompas.tv - 8 Juni 2022, 10:59 WIB
satu-dari-9-calhaj-embarkasi-solo-terbang-ke-tanah-suci-setelah-sempat-dinyatakan-positif-corona
Ilustrasi. calon haji (calhaj) di Embarkasi Solo, Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jawa Tengah, akhirnya terbang ke Tanah Suci. (Sumber: MAULANA MAHARDHIKA )
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

SOLO, KOMPAS.TV — Sebanyak 1 calon haji (calhaj) di Embarkasi Solo, Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jawa Tengah, akhirnya terbang ke Tanah Suci hari ini, Rabu (8/6/2022).

Calhaj tersebut merupakan bagian dari 9 calhaj asal Kabupaten Grobogan yang sempat ditunda keberangkatannya lantaran terdeteksi positif Corona.

Koordinator Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo Sarip Sahrul Samsudin mengatakan, keberangkatan jemaah yang ditunda ini tidak bisa diberangkatkan secara bersamaan karena akan disesuaikan dengan kursi kosong atau open seat di kelompok terbang (kloter) berikutnya.

"Kloter 7 hanya 1 (open seat), jadi masih ada 8 orang (masih menunggu)," kata Sarip saat dikonfirmasi KOMPAS.TV, Rabu (8/6).

Sarip menjelaskan, calhaj asal Grobogan tersebut telah berangkat bersamaan dengan rombongan kloter 7 dari Kabupaten Demak dan Kudus pada pukul 10.05 WIB.

Menurut jadwal, seluruh jemaah calon haji kloter 7 akan tiba di Madinah, Arab Saudi, pada hari yang sama sekitar pukul 18.40 Waktu Arab Saudi (WAS). Diketahui, kloter 7 diterbangkan dari Bandara Adi Soemarmo dengan nomor penerbangan GIA 6107.

Baca Juga: Sempat Ditunda karena Positif Corona, 4 Calhaj Embarkasi Solo Akhirnya Berangkat ke Tanah Suci

Adapun empat petugas yang turut mendampingi kloter 7, yakni Ali Mustofa, Muhaimin, dr. Sigit Affandi, dan Eka Widyaningsih Wasean.

Selain itu, Sarip juga menyebut sebanyak 8 calhaj yang sempat tertunda keberangkatannya masih menunggu di Embarkasi Solo. Hal tersebut dilakukan, kata Sarip, agar calhaj bisa diberangkatkan kapan saja sesuai dengan ketersediaan tempat duduk.

"Di embarkasi. Jadi siap di berangkatkan kapan saja sesuai dengan ketersediaan seat yang ada," jelas dia.

Selama menunggu keberangkatan di Embarkasi Solo, pihaknya menjamin seluruh jemaah tetap mendapat fasilitas seperti calhaj yang telah diberangkatkan mulai dari tempat menginap, akomodasi, dan konsumsi.

Adapun kloter terdekat, jemaah haji asal Grobogan yang masih menunggu akan diberangkatkan bersama dengan kloter 8, 9, dan 10.

Kloter 8 embarkasi Solo yang berasal dari Kabupaten Kudus, dijadwalkan akan terbang ke Tanah Suci pada Kamis (9/6) pukul 02.40 WIB dari Bandara Adi Soemarmo dengan nomor penerbangan GIA 6108.

Lalu, kloter 9 embarkasi Solo yang berasal dari Kabupaten Kudus dan Rembang, dijadwalkan akan terbang ke Tanah Suci pada Kamis (9/6) pukul 15.00 WIB dari Bandara Adi Soemarmo dengan nomor penerbangan GIA 6109.

Sedangkan kloter 10 yang berasal dari Kabupaten Rembang dan Kendal, dijadwalkan akan terbang ke Tanah Suci pada Jumat (10/6) pukul 09.55 WIB dari Bandara Adi Soemarmo dengan nomor penerbanganGIA 6110.

Baca Juga: Keberangkatan 13 Calon Haji Embarkasi Solo Sempat Ditunda karena Positif Corona



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x