HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional singkap

Jejak Dakwah di Banten - SINGKAP

Selasa, 24 Juli 2018 | 16:46 WIB

Pada abad ke-15, Islam sudah mulai menjejaki pelabuhan Banten yang kala itu berada di bawah kekuasaan raja Sunda yang beragama Hindu, pelabuhan ini juga ramai dikunjungi oleh para saudagar dari luar. Bersamaan dengan itu, banten menjadi salah satu target sasaran dakwah Islam melalui jalur perniagaan.

Memang tak mudah menyebarkan ajaran Islam di Banten pada waktu itu, dikarenakan mayoritas penduduknya sebagian besar beragama Hindu.

Saat proses Islamisasi di Banten dimulai, tentu tak lepas dari tokoh yang bernama Sunan Ampel, ia disebut sebagai orang pertama yang melakukan Islamisasi di Banten yang kemudian diteruskan oleh Syarif Hidayatullah yang lebih dikenal dengan Sunan Gunung Jati.

Hingga detik ini, jejak-jejak peninggalan sejarah Islam di era kesultanan Banten dapat di lihat saat memasuki kawasan Banten, nuansa dan simbol-simbol Islami banyak tampil setiap jengkal jalanan dan ruang publik yang ada di Banten, yang menggambarkan betapa masyarakatnya sangat menghargai perjuangan para leluhurnya dalam menyebarkan agama Islam.

Sampai kapan pun Banten akan selalu di kenang akan perjuangan para raja-raja dalam menaklukan penjajah dan tak pernah lekang oleh waktu akan perjuangan Islaminya di bumi nusantara. Sejarah Banten pada masa lalu telah menorehkan ingatan kuat bagi kita dan generasi penerus.

Penulis : edika ipelona



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
21:49
PEDULI MEREKA YANG KEHILANGAN PENGHASILAN DI TENGAH PANDEMI KORONA, DENGAN DONASI KE BIT.LY/KONSERAMALDARIRUMAH   KOMPAS TV BERSAMA DIDI KEMPOT DAN SOBAT AMBYAR MENGGELAR KONSER AMAL DARI RUMAH, SABTU, 11 APRIL 2020 PUKUL 19.00 WIB    KOMNAS HAM MINTA PRESIDEN DAN DPR TUNDA PENGESAHAN RKUHP   ANTISIPASI HARGA GABAH JATUH, KEMENTAN KAJI BANTUAN SELISIH HARGA   KEMENDAGRI: JADWAL PELANTIKAN RIZA PATRIA SEBAGAI WAGUB DKI KEWENANGAN ISTANA   GUBERNUR BANTEN MINTA KABUPATEN TANGERANG, KOTA TANGERANG, DAN TANGSEL SEGERA LAKUKAN PSBB   MENSOS JULIARI BATUBARA: PEMERINTAH BERI STIMULUS RP 405 TRILIUN UNTUK PENANGANAN KORONA   PEMKOT TANGERANG SIAPKAN RP 98 MILIAR UNTUK TANGANI DAMPAK VIRUS KORONA   PEMKOT TANGERANG SELATAN BANGUN RUMAH LAWAN COVID-19 UNTUK TAMPUNG ODP KORONA   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL SIAPKAN HOTEL GRAND PREANGER UNTUK TEMPAT TINGGAL PARA TENAGA MEDIS KORONA   KORLANTAS POLRI: PEMBATASAN SELAMA MUDIK LEBARAN, PENUMPANG BUS DIKURANGI SETENGAH   KORPS PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA AJAK ASN SUMBANGKAN THR UNTUK NEGARA DI MASA PANDEMI KORONA   MENKOMINFO PASTIKAN APLIKASI TELEKONFERENSI ZOOM UNTUK RAPAT KENEGARAAN AMAN DARI KEBOCORAN DATA   MENKOMINFO: PEMERINTAH KAJI PEMBUATAN APLIKASI RAPAT VIRTUAL SEPERTI ZOOM