Kompas TV nasional update

Ancaman Cuaca Ekstrem Rabu 8 Juni, BMKG Beri Peringatan untuk Kabupaten dan Kota Ini

Kompas.tv - 8 Juni 2022, 06:09 WIB
ancaman-cuaca-ekstrem-rabu-8-juni-bmkg-beri-peringatan-untuk-kabupaten-dan-kota-ini
Sebuah mobil terjebak dalam derasnya hujan. Hujan deras turun di kawasan Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta, Selasa (18/1/2022) (Sumber: ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejumlah wilayah di Indonesia diprakirakan mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat hingga angin kencang, Rabu (8/6/2022). Peringatan dini tersebut dirilis langsung oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Dalam rilisnya, BMKG mengumumkan sebanyak 21 wilayah akan mengalami cuaca ekstrem hujan lebat. Sementara sebanyak 7 wilayah diprakirakan turun hujan yang dapat disertai kilat atau angin kencang.

Baca Juga: Cuaca Panas di Arab Saudi, Pemerintah Ingatkan Jemaah Calon Haji 2022: Minum Jangan Tunggu Haus!

Potensi cuaca ekstrem ini berdasarkan pemantauan BMKG terhadap sirkulasi siklonik yang muncul di perairan Utara Kep. Bangka Belitung dan membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi).

Untuk diketahui kondisi itu mampu meningkatkan potensi awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik atau sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut.

Tak hanya di Bangka Belitung, BMKG juga memantau konvergensi di Kalimantan Barat, Sumatera Utara hingga Aceh, Bengkulu hingga Sumatera Barat, dan Papua hingga Papua Barat.

Baca Juga: Peralihan Musim di Kalsel Berpotensi Munculkan Hujan Butiran Es, Ini Penjelasan BMKG

Kabupaten dan kota yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem

ACEH

  • Tripe Jaya, Leuser, Aceh Jaya, Lhokseumawe, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Simeulu, Aceh Selatan, Bakongan dan sekitarnya.

BALI

  • Wilayah Bali bagian barat dan tengah.

BANGKA BELITUNG

  • Bangka Barat, Bangka Selatan, Belitung, Belitung Timur.

BANTEN

  • Lebak bagian timur dan selatan, Pandeglang bagian barat, Serang bagian timur, Tangerang bagian tengah, Kota Tangerang Selatan.

BENGKULU

  • Mukomuko, Bengkulu Utara, Lebong, Rejang Lebong, Kepahiang, Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, Seluma, Bengkulu Selatan, Kaur.

Baca Juga: Setiap Hujan Deras, SMAN 4 di Tangerang Selatan Menjadi Langganan Banjir

DI YOGYAKARTA

  • Kota Yogyakarta, Sleman, Bantul, Gunung Kidul, Kulon Progo bagian utara.

DKI JAKARTA

  • Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan.

JAMBI

  • Kerinci, Kota Sungai Penuh, Bungo, Merangin, Tebo, Batanghari, Sarolangun.

JAWA BARAT

  • Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Bekasi, Karawang, Subang, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Cianjur, Purwakarta, Kabupaten dan Kota Bandung, Kota Cimahi, Bandung Barat, Sumedang, Majalengka, Indramayu, Kabupaten dan Kota Cirebon, Kuningan, Garut, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Ciamis, Kota Banjar, Pangandaran.


Sumber : BMKG


BERITA LAINNYA



Close Ads x