Kompas TV internasional kompas dunia

Italia Sita 4,3 Ton Kokain Milik Kartel Teluk,

Kompas.tv - 7 Juni 2022, 20:39 WIB
italia-sita-4-3-ton-kokain-milik-kartel-teluk
Otoritas Italia memamerkan barang bukti kokain milik Kartel Teluk Kolombia yang diselundupkan ke Italia. Sebanyak 4,3 ton kokain disita otoritas dalam operasi pada Selasa (7/6/2022). (Sumber: Guardia di Finanza via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

MILAN, KOMPAS.TV - Otoritas Italia menyita kokain seberat 4,3 ton dengan nilai jual diperkirakan mencapai seperempat miliar dolar Amerika Serikat di kota pelabuhan Trieste, Selasa (7/6/2022). Berton-ton kokain itu merupakan milik Kartel Teluk Kolombia.

Penyitaan itu adalah salah satu penyitaan narkoba terbesar di Eropa. Operasi penyitaan dilakukan oleh kepolisian finansial Italia dan dikoordinasi oleh investigator anti-mafia. 

Operasi ini digelar usai penyelidikan selama setahun yang juga melibatkan otoritas Amerika Serikat (AS).

Dalam penyitaan ini, 38 orang tersangka kemudian diburu karena diduga terlibat perdagangan narkoba internasional di Italia, Slovenia, Kroasia, Bulgaria, Belanda, dan Belgia.

Sebagaimana dilaporkan Associated Press, investigator anti-mafia Italia merilis pernyataan bahwa operasi ini adalah “penjegalan penting terhadap salah satu kelompok narkoba terpenting di Kolombia.”

Baca Juga: TNI AL Musnahkan Kokain Senilai Rp1,25 Triliun yang Ditemukan Mengapung di Selat Sunda

Penyitaan besar-besaran oleh otoritas Italia pun menerakan kekalahan lanjutan di pihak Kartel Teluk. Pada Mei lalu, pemimpin kartel, Dairo Antonio Usuga David alias Otoniel diekstradisi ke AS, tempat ia menghadapi dakwaan di tiga pengadilan federal.

Otoniel sendiri merupakan salah satu sosok kriminal paling diburu di Kolombia. Bahkan, Presiden Kolombia Ivan Duque membandingkannya dengan Pablo Escobar, bos Kartel Medellin yang tewas pada 1993 Silam.

Otoniel, dideskripsikan Presiden Duque sebagai “bandar narkoba paling berbahaya sedunia”, buron selama lebih dari sedekade, berlindung di balik suap kepada pejabat-pejabat Kolombia dan bekerja sama dengan kombatan sayap kiri maupun kanan.

Otoritas Italia memperkirakan Kartel Teluk keluar modal sebanyak 102 juta dolar AS untuk mendapatkan 4,3 ton kokain. Di Italia, kokain sebanyak itu dapat mencapai harga 256 juta dolar AS, atau setara Rp3,6 triliun.

Operasi Kartel Teluk terbongkar usai agen rahasia yang menyamar menyusup ke rantai penyelundupan narkoba ke Italia. Penyelundupan ini dilakukan di daerah adminstratif Veneto, Lombardia, Lazio, dan Calabria.

Selama penyelidikan, agen rahasia Italia terlibat dalam 19 pengiriman yang berujung identifikasi pemain atau perantara kunci di level internasional.

Selain 4,3 ton kokain, otoritas Italia juga menyita uang tunai 1,8 juta dolar AS serta kendaraan-kendaran yang diduga digunakan untuk menyelundupkan narkoba.

Baca Juga: Pemimpinnya Diekstradisi, Kartel Kolombia Blokade Puluhan Kota, Bunuh Warga dan Bakar Ratusan Mobil


 



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x