Kompas TV internasional kompas dunia

Usai Latihan Tembak 8 Rudal, Korea Selatan dan AS Kerahkan 16 Jet Tempur ke Dekat Korea Utara

Kompas.tv - 7 Juni 2022, 14:59 WIB
usai-latihan-tembak-8-rudal-korea-selatan-dan-as-kerahkan-16-jet-tempur-ke-dekat-korea-utara
Militer Korea Selatan dan Amerika Serikat menerbangkan 20 jet tempur di atas laut barat Korea Selatan hari Selasa, (7/6/2022) dalam unjuk kekuatan kepada Korea Utara (Sumber: South Korea Ministry of Defence)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

SEOUL, KOMPAS.TV — Militer Korea Selatan dan Amerika Serikat menerbangkan 20 jet tempur di atas laut barat Korea Selatan hari Selasa, (7/6/2022) dalam unjuk kekuatan kepada Korea Utara menyusul kabar uji coba peluncuran peluru kendali jarak pendek dan informasi intelijen AS yang mengklaim Korea Utara segera melanjutkan uji coba ledakan nuklir pertamanya di hampir lima tahun, seperti laporan Associated Press, Selasa, (7/6/2022).

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan demonstrasi udara itu melibatkan 16 jet Korea Selatan, termasuk pesawat tempur siluman F-35A, dan empat jet tempur F-16 AS dan ditujukan untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam merespons provokasi Korea Utara dengan cepat.

Penerbangan itu terjadi sehari setelah sekutu menembakkan delapan rudal permukaan-ke-permukaan ke perairan timur Korea Selatan untuk menandingi tampilan rudal akhir pekan oleh Korea Utara, yang menembakkan jumlah rudal yang sama dari beberapa lokasi pada hari Minggu dalam uji coba terbesar Korea Utara dari sisi jumlah rudal.

Korea Utara mungkin akan segera meningkatkan kekuatannya karena pejabat AS dan Korea Selatan mengatakan negara itu siap untuk melakukan ledakan lagi di tempat uji coba nuklirnya di kota timur laut Punggye-ri.

Tes terakhir dan ketujuh secara keseluruhan adalah pada September 2017, ketika Korea Utara mengklaim telah meledakkan bom termonuklir yang dirancang untuk rudal balistik antarbenua.

Bepergian ke Seoul untuk membahas kebuntuan dengan sekutu Korea Selatan dan Jepang, Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman memperingatkan tanggapan "cepat dan kuat" jika Korut melakukan uji coba nuklir lagi.

Sementara pemerintahan Biden berjanji mendorong sanksi internasional tambahan jika Korea Utara melanjutkan uji coba nuklir, prospek untuk tindakan hukuman baru kepada Korea Utara tampak tidak jelas dengan Dewan Keamanan PBB yang terpecah.

Baca Juga: Balas Uji Coba Rudal Korea Utara, Korea Selatan dan AS Lakukan Demonstrasi Siap Serang Kim Jong-Un

Wakil Menteri Luar Negeri Pertama Korea Selatan Cho Hyun-dong, kanan, berjabat tangan dengan Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman selama pertemuan mereka di Kementerian Luar Negeri di Seoul Selasa, 7 Juni 2022. (Sumber: Jung Yeon-je /Pool Photo via AP)

“Setiap uji coba nuklir akan sepenuhnya melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB. Akan ada tanggapan cepat dan kuat untuk tes semacam itu,” kata Sherman, setelah pertemuan dengan Wakil Menteri Luar Negeri Korea Selatan Cho Hyun-dong.

"Kami terus mendesak Pyongyang untuk menghentikan aktivitas destabilisasi dan provokatifnya dan memilih jalur diplomasi," katanya.

Sherman dan Cho merencanakan pertemuan trilateral dengan Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Mori Takeo pada hari Rabu mengenai masalah nuklir Korea Utara.

Peluncuran Korea Utara pada hari Minggu memperpanjang rentetan provokatif dalam uji coba senjata tahun ini yang juga termasuk demonstrasi ICBM pertama negara itu sejak 2017.

Sejak mengambil alih kekuasaan pada tahun 2011, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah mempercepat pengembangan senjatanya meskipun sumber dayanya terbatas.

Para ahli mengatakan dengan tes berikutnya, Korea Utara dapat mengklaim kemampuan untuk membuat bom kecil yang dapat ditempatkan pada ICBM multihulu ledak atau dipasang pada rudal jarak pendek yang dapat mencapai Korea Selatan dan Jepang.

Rafael Mariano Grossi, direktur jenderal Badan Energi Atom Internasional, mengatakan hari Senin, (6/6/2022), ada indikasi salah satu bagian di tempat pengujian Punggye-ri telah dibuka kembali, mungkin dalam persiapan untuk uji coba nuklir.



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x