Kompas TV regional berita daerah

Wagub Kaltara Pastikan PLBN Labang Dapat Diakses Darat

Selasa, 7 Juni 2022 | 00:05 WIB

Penulis : KompasTV Tenggarong

NUNUKAN, KOMPAS.TV - Salah satu pembangunan yang menjadi prioritas di kawasan perbatasan dengan negara tetangga Malaysia adalah  adalah pembangunan Pos Lintas Batas Negara , atau disingkat dengan PLBN terpadu di Labang, Nunukan, Kalimantan Utara.

Yansen TP selaku Wakil Gubernur Kaltara kali ini secara khusus mendatangi Kawasan Pos Lintas Batas Negara terpadu ini. Pasalnya, salah satu kendalanya adalah  sejumlah daerah di kawsan perbatasan ini, membutuhkan penanganan akses jalan.

Pos perbatasan  labang yang berada di Kecamatan Lumbis Pansiangan Kabupaten Nunukan ini merupakan satu-satunya plbn di indonesia yang dilintasi melalui jalur sungai. Untuk itu perlu adanya pembangunan dengan membuka jalur darat.

Menurut nya, PLBN merupakan representasi kehadiran negara ke tengah-tengah masyarakat, sehingga perlu ditangani secara serius. Mengingat poisisi geografis dari PLBN ini, sulit mendapat perhatian dari pemerintah daerah. Wagub menilai, kehadiran plbn ini dapat menjadi akses perdagangan antar Negara, khususnya Malaysia.

Selain itu, Yansen juga menjelaskan, masih ada kendala anggaran. Untuk itu, anggaran untuk pembiayaan saat ini, dibutukan bantuan dari pemerintah pusat lewat APBN.

Menurut Yansen, perbatasan ini merupakan perwujudan dari wajah negara Republik Indonesia. Untuk negara harus hadir untuk membangun kawasan perbatasan, sebagai komitmen untuk kesejahteraan rakyat Indonesia, termasuk warga yang hirup di kawasan pedalaman dan perbatasan.

#Nunukan #Kaltara #YansenTP


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x