Kompas TV video vod

Hebat! 2 Pelajar SMA Ubah Limbah Kulit Kelapa Muda Jadi Energi Listrik, Kok Bisa?

Kompas.tv - 6 Juni 2022, 16:00 WIB
Penulis : Prayogi Haro

GRESIK, KOMPAS.TV - Akibat maraknya limbah kelapa muda (Degan) mengotori lingkungan, pasangan Pelajar di Gresik mengolahnya menjadi Energi Listrik. Energi Listrik alternatif hasil inovasinya, mendapatkan apresiasi banyak pihak karena mampu menjadi energi alternatif terbarukan.

Haidar Muzafan dan Iqbaal Dzakwan pelajar kelas 10 SMA muhammadiyah 1 Gresik yang berhasil mengembangkan limbah kulit degan menjadi energi listrik alternatif.

Energi listrik hasil inovasinya mampu menyalakan lampu selama 24 jam hingga mendapatkan apresiasi juara pertama lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) tingkat SMA tahun 2022 yang diselenggarakan Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah Gresik.

Baca Juga: Harga Cabai Rawit Di Pekanbaru Sangat Pedas

Bersama seorang Guru pembimbing mereka bersama sama melakukan riset dan mendapatkan kandungan Kalium di Kulit Degan. Menurutnya kandungan kalium, jika bereaksi dengan Klorida akan terbentuk KCL yakni elektrolit yang dapat menghantarkan listrik.

Ainul Muttaqien, Kepala Sekolah mengatakan Sekolah memberikan fasilitas dan mendorong siswa untuk terus berinovasi sesuai bakat yang dimilikinya. Menurutnya model pembelajaran yang inovatif dan mendalam seperti ini, diperlukan untuk mengembangkan daya nalar dan karakter siswa.

Video Editor : Agung



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x