Kompas TV bisnis kebijakan

Kenaikan Harga Tiket Borobudur Picu Kebingungan, Dianggap Terburu-buru

Kompas.tv - 6 Juni 2022, 11:43 WIB
kenaikan-harga-tiket-borobudur-picu-kebingungan-dianggap-terburu-buru
Suasana di Candi Borobudur. Wacana menaikkan harga tiket masuk Candi Borobudur hingga Rp750 ribu untuk wisatawan lokal dan 100 USD untuk wisatawan mancanegara dinilai terlalu memberatkan. (Sumber: Kompas TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

MAGELANG, KOMPAS.TV – Wacana menaikkan tarif tiket wisatawan Candi Borobudur menjadi Rp 750.000 per orang memicu kebingungan publik, terutama kalangan pelaku usaha. Meski memang hal ini belum resmi ditetapkan.

Keraguan berwisata pun mulai muncul dan dikhawatirkan berimbas pada penurunan kunjungan wisatawan bukan hanya ke kawasan Borobudur, melainkan juga ke Kabupaten Magelang secara umum.

Belakangan baru dijelaskan harga tiket yang mencapai Rp 750.000 per orang itu bukanlah tiket masuk, melainkan tiket masuk hingga naik ke atas Candi Borobudur.

Dalam hal ini, Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero)/InJourney, Dony Oskaria mengatakan tiket masuk Candi Borobudur tak berubah.

"Jangan keliru dengan tiket masuk Borobudur, ya. Tiket masuk tetap, tetapi tiket naik ke candi yang dirubah dalam rangka membatasi," katanya, dikutip dari Kompas.com, Senin (6/6/2022).

Timbulkan kebingungan

Adapun Ketua Forum Daya Tarik Wisata Kabupaten Magelang Edwar Alfian mengungkapkan, dirinya mendapat pertanyaan dari puluhan biro perjalanan wisata dari berbagai kota, sejak Sabtu hingga Minggu (5/6).

Mereka menanyakan tentang kebenaran informasi kenaikan tarif tiket dan kemudian bingung bagaimana mengemas paket wisata dan tujuan kunjungan ke Kabupaten Magelang.

Baca Juga: Tiket Masuk ke Borobudur untuk Pelajar Rp5.000, Rp 750 Ribu Sampai ke Puncak

”Kebingungan jelas terjadi karena selama ini magnet wisata utama di Kabupaten Magelang adalah Candi Borobudur,” ujarnya, Minggu, dikutip dari Kompas.id.

Edwar pun menyikapi dengan mengatakan, di Kabupaten Magelang masih ada ratusan destinasi wisata lain yang menarik untuk dikunjungi. Meski demikian, pengalihan tujuan kunjungan juga tidak bisa dengan mudah dilakukan.



Sumber : Kompas TV/Kompas.id/kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x