Kompas TV nasional peristiwa

Presiden Jokowi Sambut PM Australia Anthony Albanese di Istana Bogor

Kompas.tv - 6 Juni 2022, 11:10 WIB
presiden-jokowi-sambut-pm-australia-anthony-albanese-di-istana-bogor
Presiden Jokowi dan PM Australia Anthony Albanese menggunakan sepeda menuju Restoran Restorasa, untuk melakukan pertemuan tatap muka (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

BOGOR, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo sambut kedatangan Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Senin (6/6/2022).

Kehadirannya di Istana Bogor, PM Australia Anthony Albanese disambut pasukan yang menggunakan baju adat atau tradisional Indonesia, pasukan berkuda, dan marching band yang mengiringi rangkaian kendaraan PM Australia Anthony Albanese.

Presiden Jokowi langsung menyambut PM Australia Anthony Albanese dan melakukan upacara kenegaraan dengan mendengarkan lagu kebangsaan Australia dan Indonesia.

Kemudian, kedua pemimpin negara tersebut melakukan inspeksi jajar kehormatan dalam upacara kenegaraan dan saling mengenalkan delegasi dalam pertemuan Indonesia-Australia.

Baca Juga: Hasil Survei SMRC Tunjukkan Pemilih Jokowi Condong Dukung Ganjar, Apa Kata PDIP?

Seusai menemani Anthony Albanese mengisi buku tamu, Presiden Jokowi kemudian mengajak PM Australia melihat halaman Istana Kepresidenan Bogor dari beranda sambil berbincang santai.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi kemudian mengajak PM Australia Anthony Albanese melakukan penanaman pohon kamper.

Sebagai informasi penanaman pohon merupakan sebuah prosesi yang selalu ada saat tamu pemimpin negara hadir di Istana Bogor.

Presiden Jokowi dan PM Australia Anthony Albanese kemudian menggunakan sepeda menuju Restoran Restorasa, untuk santap pagi dan pertemuan tatap muka.

Sepeda yang digunakan Presiden Jokowi dan PM Australia Anthony Albanese, adalah sepeda gi (sepeda pagi).

Baca Juga: Puan Dinilai Punya Posisi Strategis Diapit Jokowi dan Anies, Pengamat: Bukan Kebetulan

Anthony Albanese adalah PM ke-31 Australia yang baru saja dilantik pada 23 Mei 2022. Albanese memimpin partainya meraih kemenangan atas Koalisi Liberal-Nasional, mencatatkan sejarah sebagai seorang keturunan Italia Australia yang dilantik sebagai Perdana Menteri.

Albanese, tercatat pernah menjabat Pemimpin Partai Buruh Australia pada 2019 dan menjadi anggota parlemen untuk divisi Grayndler sejak 1996.

Dalam rekam jejak kariernya, Albanese pernah menjadi Wakil Perdana Menteri Australia pada 2013 dan Menteri Kabinet dalam pemerintahan Rudd dan Gillard dari 2007 sampai 2013.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x