Kompas TV nasional rumah pemilu

Ini Kriteria Calon Pemimpin 2024 dari PDIP, Siapakah Dia?

Kompas.tv - 6 Juni 2022, 04:25 WIB
ini-kriteria-calon-pemimpin-2024-dari-pdip-siapakah-dia
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Senayan, Jakarta, Jumat (27/5/2022). PDIP memberikan kriteria khusus calon pemimpin 2024 yang akan diusung dalam kontestasi Pilpres 2024. (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas.tv)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memberikan clue calon pemimpin atau calon presiden (capres) yang akan diusungnya pada Pilpres 2024 mendatang.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengungkap kriteria pemimpin yang akan diusung partai banteng moncong putih ini.

Pertama, pemimpin tersebut harus kokoh secara ideologi. Kedua, harus memahami sistem pemerintahan Indonesia, dan tata pemerintahan yang baik.

Ketiga, memiliki karakter yang kuat, memiliki keberanian untuk mengambil tanggung jawab. Keempat, memiliki kualifikasi kepemimpinan teknokratis.

Kelima, bergerak pada satu arah. Pemimpin yang menyelesaikan masalah-masalah rakyat, tetapi sekaligus membawa tanggung jawab bagi masa depan melalui penguasaan pengetahuan dan teknologi.

Baca Juga: Soal Kerenggangan Hubungan Jokowi-Megawati, FX Hadi Beberkan yang Sebenarnya Terjadi di PDIP

"Hal-hal seperti itulah yang menjadi kriteria pemimpin dari PDIP, tetapi juga pemahamannya terhadap rakyat Indonesia," papar Hasto di Kompleks Universitas Pertahanan, Sentul, Jawa Barat, Minggu (5/6/2022).

Meski sudah memberikan clue, hingga saat ini PDIP belum mau menyebut sosok yang akan dijadikannya sebagai jagoan dalam Pilpres 2024 sesuai dengan kriteria yang disebutkannya.

Di kesempatan yang sama, Hasto mengingatkan, pemimpin yang baru bergerak di satu provinsi tidak bisa disebut sebagai pemimpin.

Sesuai dengan pandangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, kata Hasto, untuk menjadi pemimpin Indonesia harus mengenali seluruh rakyat Indonesia.

"Sebaiknya bagi mereka yang memang merasa terpanggil atau ingin ikut kontestasi, ya sebaiknya keliling Indonesia untuk menyelami apa yang dimaksud dengan kehendak rakyat yang sebenar-benarnya," tutup Hasto.

Baca Juga: Survei SMRC Ungkap Pemilih Jokowi Banyak yang Dukung Prabowo dalam Pilpres 2024

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x