Kompas TV feature food story

Filosofi Nasi (2)

Kompas.tv - 23 Juli 2018, 17:15 WIB
Penulis : Edika ipelona

Merasa belum makan kalo belum makan nasi. Itulah yang dirasakan oleh kebanyakan orang Indonesia. Dan Benoe adalah salah satunya, yang harus makan nasi tiga kali sehari.

Untuk mengawali hari, Benoe memutuskan sarapan bubur ayam. Bubur ayam Haji Jewo, yang terkenal sebagai bubur favorit keluarga presiden Soeharto menjadi pilihan Benoe kali ini.

Benu juga sempat mampir ke warung nasi yang menyediakan banyak pilihan lauk, yaitu Warteg 21. Peyek udang adalah lauk andalan yang paling dicari oleh pelanggan, termasuk Benoe. Lengkap dengan nasi rames dan tempe goreng sebagai menu makan siang.

Malemnya, Benoe memilih Nasi Uduk Bang Udin di kawasan Rawa Belong Jakarta Barat sebagai menu makan malam.

Benoe bertemu kembarannya, Mas Mono yang sekarang sukses menjadi pengusaha olahan nasi di Indonesia. Untuk merayakan pertemuan mereka, Mas Mono mengajak Benoe masak nasi kuning tumpeng mini. Penasarankan seperti apa ceritanya?

Nasi kebuli menjadi menu terakhir yang Benoe icip. Hidangan asal Timur Tengah ini sudah akrab dengan lidah masyarakat Indonesia. Kenapa? Ternyata nasi kebuli sudah ada sejak jaman ulama Hadramaut Yaman datang ke Indonesia untuk menyebarkan agama islam.

Pantas saja jika nasi kebuli kini telah berakulturasi menjadi menu olahan nasi yang memperkaya khazanah kuliner Indonesia. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x