Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Putin: AS Kirim Roket Jarak Jauh ke Ukraina, Rusia Serang Target yang Tidak Disasar Sebelumnya

Minggu, 5 Juni 2022 | 19:44 WIB
putin-as-kirim-roket-jarak-jauh-ke-ukraina-rusia-serang-target-yang-tidak-disasar-sebelumnya
Putin memberi peringatan yang bikin bergidik kepada Barat, Rusia akan serang target baru jika Amerika Serikat memasok Ukraina dengan roket jarak jauh. (Sumber: Straits Times)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

LONDON, KOMPAS.TV - Presiden Vladimir Putin memberi peringatan yang bikin bergidik kepada Barat bahwa Rusia akan menyerang target baru jika Amerika Serikat mulai memasok Ukraina dengan roket jarak jauh, seperti laporan berita Tass hari Minggu (5/6/2022).

Jika rudal tersebut dipasok, kata Putin, "Kami akan menyerang target yang belum kami hantam," seperti dikutip dalam wawancara dengan saluran televisi pemerintah Rossiya-1.

Dalam wawancra dengan Rossiya-1 hari Minggu, Putin mengecam pengiriman senjata Barat ke Ukraina, dengan mengatakan mereka bertujuan untuk memperpanjang konflik,

“Semua hiruk-pikuk seputar pengiriman senjata tambahan ini, menurut pendapat saya, hanya memiliki satu tujuan: Untuk menyeret konflik bersenjata sebanyak atau selama mungkin,” kata Putin, mengacu pada rencana AS memasok beberapa sistem peluncuran roket ke Kyiv.

Putin bersikeras pasokan seperti itu tidak memberi banyak perbedaan bagi pemerintah Ukraina, yang katanya hanya menebus hilangnya roket dengan roket berdaya jangkau serupa yang sudah mereka miliki.

Jika Kiev mendapatkan roket jarak jauh, tambahnya, Moskow akan menarik kesimpulan yang tepat dan menggunakan alat pemusnah untuk menyerang objek yang belum diserang.

Ancaman dingin terjadinya eskalasi militer dari Putin itu tidak merinci apa yang mungkin menjadi target serangan baru, tetapi ancaman itu terjadi beberapa hari setelah Amerika Serikat mengumumkan rencana bantuan keamanan untuk Ukraina senilai USD700 juta yang mencakup empat sistem peluru kendali jarak menengah presisi dengan pemandu sasaran, helikopter, sistem senjata anti-tank Javelin, radar, kendaraan taktis, suku cadang dan banyak lagi.

Baca Juga: Putin Menyombongkan Kekuatan Persenjataannya, Mengaku Telah Hancurkan Senjata Ukraina seperti Kacang

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berdiri di depan salah satu istana sekaligus kantor tempatnya bekerja di Kyiv atau Kiev. Putin memberi peringatan yang bikin bergidik kepada Barat, Rusia akan serang target baru jika Amerika Serikat memasok Ukraina dengan roket jarak jauh (Sumber: AP Photo)

Pasukan Rusia menggempur fasilitas kereta api dan infrastruktur lainnya Minggu pagi di Kiev, yang sebelumnya terlihat tenang selama berminggu-minggu.

Operator pembangkit nuklir Ukraina, Energoatom, mengatakan satu rudal jelajah tipis hampir melewati fasilitas pembangkit nuklir Pivdennoukrainsk, sekitar 350 kilometer (220 mil) ke selatan, dalam perjalanannya ke ibu kota.


Sumber : Tass/Associated Press/Straits Times

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x