Kompas TV video vod

Tukah, Seorang Lansia yang Telah Bekerja sebagai ART & Menabung 20 Tahun untuk Ibadah Haji

Kompas.tv - 5 Juni 2022, 14:23 WIB
Penulis : Edwin Zhan

KOMPAS.TV - Meski harus menabung atau menunggu giliran berangkat hingga puluhan tahun, doa dan kerinduan para calon tamu Tanah Suci ini akhirnya terjawab.

Tahun ini, ia akhirnya bisa berangkat ke Tanah Suci.

Lantunan kalimat Talbiyah dan sejumlah doa berhaji lainnya, terus-menerus dihafalkan Tukah menjelang keberangkatannya ke Tanah Suci pada 16 Juni 2022 mendatang.

Di usianya yang menginjak 62 tahun, Tukah tak mengira akhirnya Tuhan menjawab doa dan harapannya untuk bisa beribadah haji yang sudah ia persiapkan sedari muda.

20 tahun Tukah menabung, mengumpulkan sedikit demi sedikit biaya haji, dari hasil jerih payahnya sebagai asisten rumah tangga (ART).

Tukah pun tak bisa menahan rasa haru dan bahagia ketika ia mengetahui tahun ini namanya masuk dalam daftar keberangkatan haji.

Selain bisa melunasi biaya pembayaran haji sebesar Rp 37,5 juta, ia juga memiliki cukup uang saku selama berada di Tanah Suci.

Warga Desa Sumbergondo, Kota Batu, Jawa Timur, ini sebenarnya sudah masuk dalam daftar keberangkatan haji pada tahun 2020; namun karena pandemi, ia harus kembali bersabar.

Dua koper berisi pakaian, obat-obatan, dan perlengkapan haji secukupnya sudah ia siapkan.,

Kini, Tukah fokus menjaga kesehatan hingga waktu keberangkatannya tiba.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x